Fungsi-fungsi manajemen dalam kegiatan ekstrakurikuler pramuka di Madrasah: penelitian di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Kecamatan Mandalajati Kota Bandung, Madrasah Ibtidaiyah Terpadu Assalafiyyah Kecamatan Batujajar Kabupaten Bandung Barat dan Sekolah Dasar Muhammadiyah 8 Ujung Berung Kota Bandung

Nurdiana, Mia (2018) Fungsi-fungsi manajemen dalam kegiatan ekstrakurikuler pramuka di Madrasah: penelitian di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Kecamatan Mandalajati Kota Bandung, Madrasah Ibtidaiyah Terpadu Assalafiyyah Kecamatan Batujajar Kabupaten Bandung Barat dan Sekolah Dasar Muhammadiyah 8 Ujung Berung Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (286kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB) | Request a copy

Abstract

Ekstrakurikuler Pramuka merupakan salah satu kegiatan pengembangan minat dan bakat peserta didik yang dilaksanakan di luar jam pelajaran. Penerapan fungsi-fungsi manajemen di tiga sekolah ini berbeda-beda sesuai dengan kebijakan yang diberikan oleh kepala sekolah sehingga output nya pun tentu akan berbeda sesuai dengan kebijakan yang telah ditentukan dan budaya madrasah/sekolah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan fungsi-fungsi manajemen di tiga madrasah/sekolah. mulai dari mengetahui latar alamiah madrasah/sekolah, perencanaan ekstrakurikuler, pengorganisasian ekstrakurikuler, penggerakan ekstrakurikuler dan pengawasan ekstrakurikuler. Pemikiran yang tercantum dalam UU No. 20 Tahun 2003 menjadi latar belakang diadakannya penelitian ini, yang menyatakan bahwa hak setiap peserta didik adalah mendapat perlakuan sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuannya. Hal tersebut dapat diwujudkan melalui kegiatan ekstrakurikuler yang diadakan oleh pihak madrasah/sekolah. Dibutuhkan fungsi-fungsi manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan agar pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler berjalan secara efektif dan efisien. Peneliti menggunakan penelitian deskriptif, kualitatif yaitu metode yang bertujuan untuk mendeskripsikan masalah yang dihadapi secara rinci pada saat penelitian berlangsung. Peneliti mendeskripsikan temuan-temuan dari fenomena yang terjadi di lapangan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Sumber data utama adalah kepala madrasah sebagai Key Informant. Dilanjutkan dengan snow ball process yaitu kepala pembina pramuka dan koordinator ekstrakurikuler. Keabsahan data dilakukan dengan ketekunan pengamatan, triangulasi, kecukupan referensi, dan uraian rinci. Berdasarkan hasil penelitian dari fungsi-fungsi manajemen kegiatan ekstrakurikuler di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Kecamatan Mandalajati Kota Bandung, Madrasah Ibtidaiyah Terpadu Assalafiyyah Kecamatan Batujajar Kabupaten Bandung Barat dan Sekolah Dasar Muhammadiyah 8 Ujung Berung Kota Bandung dapat ditarik kesimpulan bahwa 1) Perencanaan ekstrakurikuler pramuka meliputi kegiatan menentukan tujuan ekstrakurikuler, sasaran ekstrakurikuler, jadwal kegiatan dan pembina ekstrakurikuler; 2) Pengorganisasian ekstrakurikuler pramuka meliputi pembagian tugas, kerjasama yang dibangun dengan pihak eksternal dan pengelompokkan peserta didik; 3) Penggerakan ekstrakurikuler pramuka meliputi pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler, partisipasi peserta didik dan sistem penilaian peserta didik; 4) Pengawasan ekstrakurikuler pramuka dilaksanakan dengan pelaporan secara lisan ataupun tertulis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Fungsi-fungsi Manajemen; Ekstrakurikuler; Pramuka; Madrasah;
Subjects: Education > Organization of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mia Nurdiana Nurdiana
Date Deposited: 30 Nov 2018 08:27
Last Modified: 30 Nov 2018 08:27
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/17085

Actions (login required)

View Item View Item