Shidiq, Eka Abdul Rozaq (2017) Penerapan model pembelajaran somatic auditory visualization intellectually (SAVI) terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem saraf: penelitian pada siswa Kelas XI SMA Serang Panjang Kabupaten Subang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (195kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (285kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_ DAFTAR ISI.pdf Download (206kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (524kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5-BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (640kB) |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (985kB) |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (200kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA (REVISI).pdf Restricted to Registered users only Download (436kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang rendah ditandai dengan pencapaian nilai siswa pada mata pelajaran Biologi masih banyak di bawah KKM. Meningkatkan hasil belajar siswa, guru harus mengubah cara mengajar dari model pembelajaran tradisional menuju model pembelajaran yang inovatif. Model pembelajaran inovatif salah satunya model somatic auditory visualization intellectually (SAVI) dengan melibatkan siswa secara aktif dan menggunakan seluruh potensi yang dimilikinya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan dan keterlaksanaan model SAVI serta menganalisis hasil belajar siswa setelah diterapkan model SAVI pada materi sistem saraf. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperiment dengan desain onegroup pretest-posttest design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas XI IPA 3 dan XI IPA 4 SMAN I Serang Panjang – Subang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan studi dokumentasi. Adapun instrumen yang digunakan adalah lembar validasi, lembar observasi, dan tes hasil belajar berupa pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan penerapan model SAVI sangat layak digunakan (91,67%) dan keterlaksanaan penerapan model SAVI terlaksana dengan sangat baik (90,2%). Hasil belajar siswa dengan menerapkan model SAVI memperoleh persentase ketuntasan KKM > 55%. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t berpasangan pada kelas XI IPA 3 menunjukkan nilai thitung (9,85) > ttabel (2,04) dan pada kelas XI IPA 4 nilai thitung (9,28) > ttabel (2,04), maka H0 ditolak. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model somatic auditory visualization intellectually dapat membantu hasil belajar siswa secara signifikan pada materi sistem saraf.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | SAVI; Sistem Saraf; Hasil Belajar; |
Subjects: | Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | rofita fita robi'in |
Date Deposited: | 03 Dec 2018 08:14 |
Last Modified: | 03 Dec 2018 08:14 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/17111 |
Actions (login required)
View Item |