Tanggapan siswa terhadap pembelajaran PAI tentang akhlak dan hubungannnya dengan gaya hidup hedonis siswa

Algalushi, Muhammad Hasby Abdul Jabbar (2018) Tanggapan siswa terhadap pembelajaran PAI tentang akhlak dan hubungannnya dengan gaya hidup hedonis siswa. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab I.pdf

Download (375kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMK Padjajaran Jatinangor. Hal menarik yang ditemui penulis di sekolah ini adalah memadukan sistem pendidikan sekolah dengan pendidikan agama yang cukup kental dalam kesehariannya seperti qira’atul Quran sebelum memulai kegiatan belajar mengajar, kemudian shalat dzuhur, dhuha dan ashar berjamaah, dan hal menarik lainnya yang ditemui peneliti adalah gaya hidup siswa di SMK Padjajaran yang cenderung memiliki gaya hidup hedonis. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui tanggapan siswa terhadap pembelajaran PAI tentang akhlak di SMK Pajajaran Jatinangor, 2) mengetahui gaya hidup hedonis siswa di SMK Padjajaran Jatinangor, 3) mengetahui hubungan tanggapan siswa terhadap pembelajaran PAI tentang akhlak dengan gaya hidup hedonis siswa di SMK Padjajaran Jatinangor. Penelitian ini didasarkan pada asumsi teoritis munurut Abuddi, bahwa semakin manusia berilmu atau berpendidikan seharusnya pula manusia tersebut mengindahkan akhlaknya. Maka penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa pemahaman siswa pada mata pelajaran PAI tentang akhlak salah satunya dipengaruhi oleh tanggapan siswa terhadap gaya hidup hedonis. Dari asumsi tersebut dapat diajukan hipotesis, semakin baik siswa mempelajari PAI tentang akhlak, makan semakin baik pula akhlaknya sehingga tidak mudah terpengaruh gaya hidup hedonis. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Alat pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini yaitu berupa angket, observasi, studi kepustakaan dan studi dokumentasi. Adapun teknik pengumpulan analisis datanya yaitu menggunakan analisis statistik untuk data kuantitatif, dan analisis logika untuk data kualitatif. Subjek/responden dalam penelitian ini berjumlah 31 orang siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) tanggapan siswa terhadap pembelajaran PAI tentang akhlak berkategori sangat tinggi, yaitu dengan nilai rata-rata 42,99 yang berada pada rentang interval 42,20 – 5,00. 2) gaya hidup hedonis siswa berkategori sangat tinggi, yaitu dengan nilai rata-rata 4,82 yang berada pada rentang interval 42,20 – 5,00. 3) hubungan antara kedua variabel yaitu sebesar 0,53 yang berada pada rentang interval 0,40 – 0,59. Hubungan kedua variabel termasuk pada kategori korelasi sedang. Hasil uji hipotesis menunjukan bahwa t_hitung (3,39) > t_tabel(2,045). Hal ini berarti Ha ditolak dan Ho diterima atau dengan kata lain tidak terdapat hubungan yang positif signifikan antara kedua variabel.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tanggapan Siswa; Pembelajaran PAI; Gaya Hidup Hedonisme;
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tresna Maulida
Date Deposited: 14 Dec 2018 06:49
Last Modified: 14 Dec 2018 06:49
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/17128

Actions (login required)

View Item View Item