Rofiqoh, Alfiana (2018) Bimbingan kelompok dalam meminimalisasi kecanduan Gadget: penelitian di kelas IV dan V DTA Al Karomah Yayasan Al Ukhuwwah Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (69kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (34kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar isi.pdf Download (38kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (106kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (120kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (117kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (40kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (41kB) | Request a copy |
Abstract
Gadget pada era globalisasi sangatlah gampang dijumpai, sebab hampir semua kalangan masyarakat memiliki gadget. Pasalnya gadget tidak hanya beredar di kalangan remaja (usia 12-21 tahun) dan dewasa atau lanjut usia (usia 60 tahun keatas), tetapi juga beredar di kalangan anak-anak (usia 7-11 tahun) dan ironisnya lagi gadget bukan barang asing untuk anak (usia 3-6) tahun yang seharusnya belum layak menggunakan gadget. Tingkat popularitas gadget dikalangan anak-anak semakin meningkat. Bermula dari orangtua yang memberikan anaknya gadget untuk berkomunikasi, hingga memberikan gadget tersebut agar anaknya tidak rewel. Anak-anak zaman sekarang ini digital native. Sejak lahir, mereka telah akrab dengan berbagai perangkat teknologi informasi, dan bisa dengan mudah menjadi kecanduan akibat kurang bijak dalam penggunaan. Sehingga anak diperlukan pengarahan melalui bimbingan kelompok. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi kecanduan gadget di kelas IV dan V DTA Al-Karomah, mengetahui proses bimbingan kelompok dalam meminimalisasi kecanduan gadget di kelas IV dan V DTA Al-Karomah Yayasan Al-Ukhuwwah bandung dan untuk mengetahui hasil dari bimbingan kelompok dalam meminimalisasi kecanduan gadget di DTA Al-Karomah Yayasan Al-Ukhuwwah Bandung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field reserch) dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Dengan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data memfokuskan pada hal-hal yang penting yaitu reduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan. Bimbingan Kelompok ini memiliki pengaruh dalam meminimalisasi kecanduan gadget pada anak usia 10-11 tahun atau kelas IV dan V di DTA Al-Karomah. Hasil ini dapat terlihat dari berkurangnya anak dalam frekuensi penggunaan gadget, hubungan sosial dengan teman sebayanya, konsentrasi dalam pembelajaran dan prestasi belajar melalui teknik menghapal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Kelompok; Kecanduan; Gadget; |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling General Management > Philosophy and Theory of Management |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Alfiana Ana Tasmin |
Date Deposited: | 17 Dec 2018 03:03 |
Last Modified: | 17 Dec 2018 03:03 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/17132 |
Actions (login required)
View Item |