Dakwah simbolik pada kaos Izma Muslim

Fasya, Fakhri (2018) Dakwah simbolik pada kaos Izma Muslim. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (917kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (731kB)
[img] Text (BAB III)
6_Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB)

Abstract

Tulisan atau desain pada kaos Izma Muslim Store termasuk dalam ranah kitabah, yaitu berdakwah melalui tulisan. Owner dari perusahaan ini adalah bapak Agus Muliyadin, S. Fil. I. yang sampai saat ini telah berjalan 4 tahun memimpin perusahaan. Dalam waktu yang singkat perusahaan ini telah memiliki pelanggan yang banyak dengan konsistensi desain-desain bertemakan pesan-pesan Islam. Desain-desain yang dibuat oleh Izma Muslim ini merupakan dakwah simbolik, maka untuk dapat mengungkapkan kategorisasi pesan dakwah dan dampak dari kaos dakwah tersebut penelitian ini perlu untuk dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui kategorisasi pesan dakwah yang terkandung dalam brand kaos Izma Muslim, 2) Untuk mnggambarkan manfaat menggunakan kaos dakwah. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa semiotika (semiologi) terutama tentang konsep pemaknaan konotatif atau yang lebih dikenal istilah second order semiotic system. Semiotika berasal dari bahasa Yunani: semeion yang berarti tanda. Semiotika adalah model penelitian yang memperhatikan tanda-tanda. Tanda tersebut mewakili sesuatu objek representatif. Metode penelitan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, dokumentasi dan wawancara. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan semiotika A J Greimas yang memandang bahwa setiap syimbol memiliki makna dan berfungsi untuk membentuk sebuah narasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Kategorisasi Pesan dakwah dalam desain kaos Izma Muslim Store ini terdiri dari pesan Aqidah, Syari’ah, Akhlaq, Muamalah, dan sejarah. Pesan dakwah tersebut dapat diketahui dengan simbol-simbol tulisan yang menyampaikan tentang salah satu tema pesan dakwah yang diolah dengan bahasa Inggris, Indonesia dan Arab. (2) desain-desain kaos Izma Muslim Store dapat memberikan perubahan pandangan hidup yang positif, yaitu pembeli kaos/ konsumen memandang untuk dapat menanamkan nilai dan pesan dakwah yang terdapat pada desai kaos yang mereka gunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Dakwah; Kaos Izma Muslim;
Subjects: Islam > Da'wah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: fakhri fasya
Date Deposited: 05 Dec 2018 03:03
Last Modified: 05 Dec 2018 03:03
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/17158

Actions (login required)

View Item View Item