Pengaruh nisbah bagi hasil terhadap penyaluran pembiayaan Mudhârabah serta dampaknya terhadap laba dan pemerataan kesejahteraan masyarakat

Hidayat, Yayat Rahmat (2014) Pengaruh nisbah bagi hasil terhadap penyaluran pembiayaan Mudhârabah serta dampaknya terhadap laba dan pemerataan kesejahteraan masyarakat. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (642kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (554kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (601kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya penyaluran pembiayaan mudhârabah pada perbankan syariah di Indonesia dibandingkan dengan penyaluran pembiayaan lainnya. Penyaluran pembiayaan pada perbankan syariah di Indonesia didominasi oleh produk pembiayaan berbasis utang yang diperuntukkan untuk sektor konsumtif. Padahal pembiayaan mudhârabah adalah pembiayaan berbasis modal kerja yang diperuntukkan untuk sektor produktif sehingga dapat meningkatkan tingkat pemerataan kesejahteraan masyarakat. Sehingga perlu dicari faktor yang mempengaruhi penyaluran pembiayaan mudhârabah. Setelah ditemukan faktor yang mempengaruhinya maka selanjutnya perlu dicari pengaruh penyaluran pembiayaan bank syariah terhadap pencapaian tujuan bank syariah. Hal ini ditujukan untuk mengetahui apakah kebijakan penyaluran pembiayaan bank syariah dapat menunjang atau tidak terhadap pencapaian tujuan bank syariah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Objek dalam penelitian ini adalah nisbah bagi hasil, penyaluran pembiayaan mudhârabah, dan tujuan bank syariah yang terdiri dari laba dan tingkat pemerataan kesejahteraan masyarakat yang diwakili dengan rasio gini periode 2009-2013. Untuk menghubungkan variabel penyaluran pembiayaan mudhârabah dan laba terdapat variabel intervening yaitu total penyaluran pembiayaan bank syariah dan pendapatan. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatoris (explanatory research). Dikatakan demikian, karena penelitian ini menghubungkan beberapa variabel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Archival Research, karena data penelitian adalah data sekunder yang berasal dari SPI, SPS, dan BPS. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi yang bertujuan untuk mencari pengaruh satu variabel terhadap variabel lainnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nisbah bagi hasil berpengaruh negatif terhadap penyaluran pembiayaan mudhârabah sebesar 91,65%, penyaluran pembiayaan mudhârabah berpengaruh positif terhadap laba sebesar 0,000635, dan penyaluran pembiayaan mudhârabah berpengaruh positif terhadap pemerataan kesejahteraan (indeks gini) sebesar 3,2519E-08.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Nisbah Bagi Hasil; Pembiayaan Mudhârabah; Laba; Indeks Gini
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
Economic of Land and Energy > Renting and Leasing Land
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Ekonomi Islam
Depositing User: Zulfa Sofyani Putri
Date Deposited: 05 Dec 2018 02:53
Last Modified: 23 Jun 2022 01:43
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/17160

Actions (login required)

View Item View Item