Psikologi jurnalis perempuan berkeluarga di media TVRI dan Bandung TV: studi fenomenologi pada jurnalis perempuan yang sudah berkeluarga di TVRI dan Bandung TV

Sari, Elang Ratna (2017) Psikologi jurnalis perempuan berkeluarga di media TVRI dan Bandung TV: studi fenomenologi pada jurnalis perempuan yang sudah berkeluarga di TVRI dan Bandung TV. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI FIX.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1 FIX.pdf

Download (401kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (554kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)

Abstract

Keberadaan perempuan jurnalis baru mulai diakui dalam kurun waktu lima puluh tahun belakang ini. Menjadi seorang jurnalis dapat menghabiskan waktu sampai 24 jam, apabila bagi jurnalis perempuan yang sudah berkeluarga tentu akan menjadi tantangan yang berat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana memaknai posisi diri sebagai jurnalis perempuan berkeluarga, mengetahui bagaimana memaknai posisi sebagai perempuan yang berstatus ibu rumah tangga, dan mengetahui bagaimana pengalaman konflik psikologi jurnalis perempuan berkeluarga saat menjalankan profesi. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi Alfred Schutz. Tujuannya untuk mengetahui profesi dari sudut pandang orang yang mengalaminya secara langsung. Pendekatan ini digunakan agar dapat memahami pemaknaan dan pengalaman jurnalis perempuan berkeluarga. Metodologi yang digunakan adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan studi lapangan (wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi), guna mendapatkan data yang diperlukan baik data primer maupun sekunder. Hasil penelitian ini adalah setiap jurnalis perempuan mempunyai pemaknaan dan pengalaman yang berbeda. Dalam memaknai posisinya sebagai jurnalis perempuan yang berkeluarga, mereka bisa membagi waktu dengan baik, menjaga sikap profesionalismenya, selalu memegang tanggung jawabnya dalam peran gandanya. Dengan statusnya sebagi ibu rumah tangga, informan bisa melaksanakan kewajibannya. Mengenai pengalaman konflik psikologi, seorang jurnalis perempuan tidak pernah mengalami masalah yang cukup besar, bahkan ada juga diantara mereka tidak pernah mengalami masalah baik dengan keluarga maupun dengan pekerjaan di kantor, karena keluarga mereka sudah tahu dan mengerti dengan profesinya. Mengenai profesinya di kantor, jurnalis perempuan tidak pernah mengalami masalah karena segala pekerjaanya selalu dilakukan dengan baik, dan selalu menjaga komunikasi yang baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Psikologi; Jurnalis: Perempuan;
Subjects: Conscious Mental Process and Intelligence > Communication Psychology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 05 Dec 2018 06:30
Last Modified: 05 Dec 2018 06:30
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/17165

Actions (login required)

View Item View Item