Fungsi-fungsi manajemen dalam pengelolaan kurikulum: penelitian di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Kota Bandung, Madrasah Ibtidaiyah At-Taqwa Kabupaten Bandung dan Madrasah Ibtidaiyah Terpadu Pesantren Persatuan Islam 24

Saajidah, Luthfiyyah (2018) Fungsi-fungsi manajemen dalam pengelolaan kurikulum: penelitian di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Kota Bandung, Madrasah Ibtidaiyah At-Taqwa Kabupaten Bandung dan Madrasah Ibtidaiyah Terpadu Pesantren Persatuan Islam 24. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar isi.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab I.pdf

Download (343kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB) | Request a copy

Abstract

Peraturan Pemerintah (PP) dan Perundangan mengakui “ Madrasah sebagai sekolah umum yang berciri khas Islam”. Kurikulum madrasah adalah sama dengan sekolah umum, plus ciri khas ke-Islamannya. Dibutuhkan Pengelolaan Kurikulum yang baik, dari mulai perencanaan, pengorganisasian, penggerakan serta pengawasan agar tujuan penyelenggaraan pendidikan dapat tercapai secara efektif dan efisian. Manajemen Kurikulum merupakan suatu sistem pengelolaan kurikulum untuk memberikan kemudahan bagi para pengguna kurikulum demi tercapainnya tujuan kurikulum yang telah ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan fungsi-fungsi manajemen di tiga Madrasah , mulai dari mengetahui latar alamiah Madrasah, perencanaan kurikulum, pengorganisasian kurikulum, penggerakan kurikulum serta pengawasan kurikulum. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, kualitatif yaitu metode yang bertujuan untuk mendeskripsikan masalah yang dihadapi secara rinci pada saat penelitian berlangsung. Fenomena yang terjadi dilapangan dideskripsikan melalui teknik wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Sumber data utama ialah Kepala Madrasah sebagai Key Informant. Dilanjutkan dengan snow ball procces yaitu Waka kesiswaan dan sample tenaga pendidik. Keabsahan data dilakukan dengan ketekunan pengamatan, triangulasi, kecakupan referensi dan uraian rinci. Dari hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa :1) Perencanaan kurikulum di MI Miftahul Huda dilakukan melalui dua tahapan yakni perencanaan kurikulum oleh divisi pendidikan dari yayasan kemudian perencanaan yang dilakukan oleh pihak madrasah. Sedangkan perencanaan kurikulum di MI At-Taqwa dan MIT PERSIS 24 hanya dilaksanakan oleh pihak Madrasah pada rapat pengembangan kurikulum. 2) Pengorganisasian kurikulum menggunakan pola desain kurikukulum yang sama yakni kurikulum berdasarkan mata pelajaran (subject curriculum). MI Miftahul Huda melaksanakan penentuan guru kelas melalui 3 prosedur yang telah ditetapkan. Di MI At-Taqwa penentuan guru kelas melalui rapat khusus. Sedangkan di MIT PERSIS 24 penentuan guru kelas dilaksanakan berdasarkan intruksi Kepala Madrasah.3) Penggerakan Kurikulum pada tiga Madrasah dilaksanakan melalui pelaksanaan pembelajaran yang dimulai sejak rapat pengembangan kurikukulum.4) Pengawasan Kurikulum di MI Miftahul Huda dilaksanakan melalui pengawasan secara berkala 1 bulan sekali oleh divisi pendidikan dan Supervisi oleh kepala Madrasah. Di MI At-Taqwa pengawasan dilaksanakan melalui program yang disusun oleh kepala Madrasah serta Supervisi 3 bulan sekali. Sedangkan di MIT PERSIS 24 Pengawasan di bagi kepada dua kategori yanki pengawasan terhadap Peserta Didik dan pengawasan terhadap Tenaga Pendidik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Fungsi-fungsi Manjemen; Manajemen Kurikulum
Subjects: Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: luthfiyyah saajidah
Date Deposited: 06 Dec 2018 03:34
Last Modified: 06 Dec 2018 03:34
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/17203

Actions (login required)

View Item View Item