Peranan pengelolaan zakat dalam meningkatkan kualitas pendidikan mustahiq studi kasus di Badan Amil Zakat Kecamatan Ujungberung Kota Bandung

Ridha, Ahmad (2018) Peranan pengelolaan zakat dalam meningkatkan kualitas pendidikan mustahiq studi kasus di Badan Amil Zakat Kecamatan Ujungberung Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_dafrtarisi.pdf

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (515kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (602kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya tingkat kesejahteraan dan kualitas pendidikan mustahiq/masyarakat miskin yang tergolong kepada penerima zakat. Badan Amil Zakat (BAZ) sebagai lembahga amil zakat yang notabene merupakan lembaga penghimpun zakat, memiliki tujuan untuk ikut berpartisipasi membantu pemerintah setempat mensejahterakan masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peranan sebuah lembaga zakat yang melakukan pengumpulan zakat dan menjalankan fungsinya sebagai fungsi perencanaan, pelaksanaan, pengendalian, dan pelaporan dari pengumpulan pendistribusian dan pendayagunaan zakat terutama terhadap permasalahan pendidikan mustahiq yang memerlukan bantuan pendidikan. Dan mengetahui bagaimana faktor pendorong dan penghambat dalam proses sebagai lembaga amil zakat. Teori yang digunakan adalah teori peran. Penggunaan teori ini bertujuan untuk memahami dan mendeskripsikan peranan BAZ Kecamatan Ujungberung dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kecamatan Ujungberung sebagai sebuah organisasi yang ada di Ujungberung, berikut memahami dan mendeskripsikan faktor pendorong dan penghambat Badan Amil Zakat (BAZ) dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan kesejahteraan masyarakat kecamatan Ujungberung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh darri wawancara secara mendalam dengan informan sedangkan data sekunder diperoleh dari dokumen-dokumen, buku-buku referensi website yang berkaitan dengan penelitian yang dilakukan. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam, studi kepustakaan dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan dengan adanya BAZ Kecamatan Ujungberung sedikitnya masyarakat mengalami perubahan dan peningkatan kesejahteraan. BAZ mendorong meningkatkan kualitas pendidikan masyarakat dengan cara mendayagunakan dana zakat dengan program-program yang kreatif. Faktor pendorong dan penghambat itu sendiri tidak terlepas dari masyarakat dalam memberikan partisipasi dan dukungannya untuk meningkatkan kesejahteraan mayarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Peranan Sosial; Organisasi; Zakat; Pendidikan
Subjects: Education > Sociology of Education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: ahmad ridha
Date Deposited: 07 Dec 2018 08:31
Last Modified: 07 Dec 2018 08:31
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/17247

Actions (login required)

View Item View Item