Al Adawi, Sayida (2013) Penerapan media komik bunyi untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi ajar bunyi: Penelitian quasi eksperimen di Kelas VIII 1 MTs. Nurul Bayan Kec. Cikalongkulon Kab. Cianjur. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (22kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (21kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (25kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I (1).pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (594kB) |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (198kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (197kB) |
Abstract
Komik merupakan bacaan yang menarik dan lucu. Berbagai macam komik yang bersifat hiburan beredar luas. Banyak orang yang menganggap para pembaca komik sebagai orang yang kurang kerjaan atau malas. Namun, para peneliti mulai melirik komik sebagai salah satu sumber belajar yang menarik. Berbagai penelitian dan pengembangan telah dilakukan oleh para ahli. Pada penelitian ini penulis bermaksud menerapkan komik bunyi pada pembelajaran fisika. Sehingga komik dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi bunyi. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII-1 MTs. Nurul Bayan Cikalongkulon Cianjur. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, tes uraian yang terdiri dari 10 soal yang memuat enam indikator pemahaman dan angket skala sikap yang terdiri dari 10 pernyataan negatif dan 10 pernyataan positif. Hasil yang diperoleh dari penelitian yang telah dilaksanakan diantaranya: 1) rata-rata keterlaksanaan pembelajaran mencapai 89 % dengan kategori sangat baik; 2) terdapat peningkatan pemahaman pada materi bunyi setelah pembelajaran dengan menggunakan komik bunyi peningkatan N-Gain rata-rata mencapai 0,76 dengan interpretasi tinggi; 3) penerapan komik bunyi pada pembelajaran fisika mendapatkan respon positif dari siswa, hasil respon siswa pada angket skala sikap mencapai 76,75 %, sehingga media komik ini direkomendasikan untuk digunakan pada pembelajaran fisika materi bunyi dengan sedikit perbaikan pada metode pembelajarannya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Komik Bunyi; Fisika Asyik; Minat Baca; |
Subjects: | Physics > Miscellany of Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | rofita fita robi'in |
Date Deposited: | 19 Dec 2018 23:49 |
Last Modified: | 11 Apr 2019 02:20 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/17371 |
Actions (login required)
View Item |