Hubungan Metode Problem Posing dan motivasi belajar terhadap prestasi kognitif siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam materi mengetahui kisah keteladanan nabi: Penelitian pada siswa SDN 1 dan 2 Taringgul Tonggoh Kecamatan Wanayasa Kabupaten Purwakarta

Badrudin, Abad (2015) Hubungan Metode Problem Posing dan motivasi belajar terhadap prestasi kognitif siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam materi mengetahui kisah keteladanan nabi: Penelitian pada siswa SDN 1 dan 2 Taringgul Tonggoh Kecamatan Wanayasa Kabupaten Purwakarta. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DaftarIsi.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (402kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB)
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB)
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (681kB)
[img] Text (BAB V)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)

Abstract

Dalam rangka mendorong siswa lebih aktif belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Dasar (SD), penting bagi guru PAI untuk menguasai metodologi pengajaran. Metodologi pembelajaran PAI yang tepat membuat pembelajaran PAI tidak membosankan. Apalagi menyangkut materi sejarah yang notabene diajarkan atau ditransfer melalui bercerita. Materi sejarah penting disampaikan karena Islam dikembangkan dengan sejarah sebagaimana Al-Quran selalu membahas para nabi dan kaum sebelumnya melalui sejarah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang (1) Metode Problem Posing, (2) Motivasi Belajar Siswa, (3) Prestasi Kognitif Belajar Siswa materi Sejarah Nabi, (4) Hubungan Metode Problem Posing terhadap Prestasi Kognitif Siswa SDN 1 dan SDN 2 Taringgul Tonggoh Kecamatan Wanayasa Kabupaten Purwakarta, (5) Hubungan Motivasi terhadap Prestasi Kognitif Siswa SDN 1 dan SDN 2 Taringgul Tonggoh Kecamatan Wanayasa Kabupaten Purwakarta. (6) Hubungan Metode Problem Posing dan Motivasi terhadap Prestasi Kognitif Belajar Siswa SDN 1 dan SDN 2 Taringgul Tonggoh Kecamatan Wanayasa Kabupaten Purwakarta. Hipotesis umum pada penelitian ini adalah adanya hubungan metode problem posing terhadap prestasi kognitif belajar siswa SDN 1 dan SDN 2 Taringgul Tonggoh Kecamatan Wanayasa Kabupaten Purwakarta. Hubungan Motivasi terhadap terhadap Prestasi Kognitif Siswa SDN 1 dan SDN 2 Taringgul Tonggoh Kecamatan Wanayasa Kabupaten Purwakarta. Hubungan Metode Problem Posing dan Motivasi terhadap Prestasi Kognitif Belajar Siswa SDN 1 dan SDN 2 Taringgul Tonggoh Kecamatan Wanayasa Kabupaten Purwakarta. Pendekatan penelitian kuantitatif menggunakan metode penelitian eksplanatif (eksplanatory research) karena bertujuan untuk menjelaskan hubungan (korelasi) ketiga variabel, yaitu metode problem posing sebagai variabel bebas (independent variable, dengan notasi statistik X1), motivasi belajar siswa sebagai variabel bebas (independent variable, dengan notasi statistik X2), dan prestasi belajar sebagai variabel terikat (dependent variable, dengan notasi statistik Y). teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, studi dokumentasi dan angket, teknik analisis yang digunakan adalah uji normalitas, uji reliabilitas, dan uji hipotesis. Adapun responden yang dijadikan populasi sampel adalah 50 orang. Hasil penelitian ini adalah: (1) Variabel problem posing memberikan hubungan positif terhadap prestasi kognitif belajar siswa dan berkonstribusi secara langsung sebesar 44,5 % berarti berkontribusi sedang (2) Variabel motivasi belajar siswa berhubungan terhadap prestasi kognitif siswa sebesar 68,2% berarti berkontribusi cukup kuat Dan (3) secara simultan diketahui hubungan variabel metode problem posing dan motivasi terhadap prestasi kognitif belajar siswa berkontribusi signifikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran; Motivasi Belajar
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Jajang Burhanudin
Date Deposited: 31 May 2016 04:38
Last Modified: 11 Jan 2022 07:58
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/1740

Actions (login required)

View Item View Item