Pengaruh capital adequacy ratio (CAR) dan net profit margin (NPM) terhadap return on equity (ROE) pada PT. Bank Brisyariah

Antika, Mila (2017) Pengaruh capital adequacy ratio (CAR) dan net profit margin (NPM) terhadap return on equity (ROE) pada PT. Bank Brisyariah. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (483kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (792kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (688kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)

Abstract

Profitabilitas menjadi suatu tujuan yang hendak dicapai oleh setiap perusahaan, karena perusahaan harus berada dalam suatu keadaan yang menguntungkan, sehingga wajar apabila profitabilitas menjadi hal utama yang diperhatikan oleh setiap perusahaan. Oleh karena itu penulis melakukan penelitian tentang pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR) dan Net Profit Margin (NPM) terhadap Return On Equity (ROE). Hal tersebut diperkuat dengan melihat data triwulan rasio keuangan pada PT. Bank BRISyariah yang mengalami fluktuasi diantara CAR dan NPM yang diikuti dengan perubahan nilai ROE. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana CAR, NPM dan ROE pada PT. Bank BRISyariah, untuk mengetahui pengaruh CAR terhadap ROE, untuk mengetahui pengaruh NPM terhadap ROE dan untuk mengetahui pengaruh CAR dan NPM terhadap ROE secara bersama-sama pada PT. Bank BRISyariah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif yaitu penelitian yang menganalisis data yang berupa angka-angka dan analisis menggunakan statistik. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari Laporan Keuangan Triwulan Publikasi PT. Bank BRISyariah bulan Maret 2012- Desember 2016. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi sederhana, regresi berganda, uji korelasi, uji t-statistik utuk menghitung pengaruh secara parsial, uji F-statistik untuk menghitung pengaruh secara simultan dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa CAR, NPM, dan ROE PT. Bank BRISyariah mengalami fluktuasi. CAR secara parsial bernilai positif dan berpengaruh tidak signifikan terhadap ROE dengan nilai thitung -0,403 < ttabel 2,101. Nilai koefisien determinasi bahwa CAR memberikan pengaruh terhadap ROE sebesar 0,09025% sedangkan sisanya 99,90975% berhubungan dengan indikator lain selain ROE. Sedangkan NPM secara parsial bernilai positif dan berpengaruh signifikan terhadap ROE dengan nilai t hitung 19,950 > ttabel 2,101. Nilai koefisien determinasi bahwa NPM memberikan pengaruh sebesar 95,65% sedangkan sisanya 4,35% berhubungan dengan indikator lain selain ROE. Secara simultan CAR dan NPM berpengaruh signifikan terhadap ROE dengan nilai Fhitung 208,904 > Ftabel 3,59. Nilai koefisien determinasi sebesar 96,05% sedangkan sisanya 3,95% berhubungan dengan indikator lain selain ROE.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Capital Adequacy Ratio (CAR); Net Profit Margin (NPM); Return On Equity (ROE);
Subjects: General Management > Financial Management
General Management > Management of Investment, Capitalization
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 19 Dec 2018 23:48
Last Modified: 19 Dec 2018 23:48
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/17424

Actions (login required)

View Item View Item