Hikmah, Niswatul (2018) EfektivitaS penggunaan metode thoriqo wahdah dalam membimbing hafalan Al-Qur'an santri di Pesantren Daarul Qur'an Internasional Ujung Berung Bandung: penelitian di Pesantren Daarul Qur'an Internasional Ujung Berung Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (169kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (948kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (296kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (193kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (147kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (187kB) | Request a copy |
Abstract
Al-quran adalah kalam Allah yang diturunkan kepada nabi Muhammad, bukan ucapan nabi atau manusia yang lainnya, yang dirurunkan secara berangsurangsur, sehinga pada waktu dirunkan al-quran nabi muhanmmad melarangnya untuk menghafal dan mencatat apalagi menngumpulkan ucapannya, hanya menyuruh untuk menghafal dan menuliskan Al-quran untuk menjaga kemurnian firman-firman Allah. Tujuan penelitianin adalah untuk mengetahui pelaksanaan metode thoriqoh dalam membimbing hafalan al-quran santri ,untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat hafalan al-qur’an santri, dan untuk mengetahui hasil hafalan alquran santri dengan penggunaan metode thoriqoh wahdah di pesantren Darul Quran Internasional Ujung Berung Bandung Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriftif, dengan pendekatan kualitatif. Adapun Pengumpul data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Metode adalah seperangkat cara, jalan, dan teknik yang digunakan oleh pendidik/dalam proses pembelajaran. Penggunaan metode dalam proses pembelajaran adalah untuk mengoptimalisasi daya serap para peserta didik dapat memahami materi yang diberikan dan untuk mencapai tujuan pembelajaran atau kompetensi tertentu. Tujuan atau kompetensi tersebut telah dirumuskan dalam kurikulum (khusus pada silabi atau berdasarkan kompetensi dasar dari setiap mata pelajaran (silabi mata pelajaran). Pelaksanaan metode thoriqo wahdah terlaksana dengan baik sesuai dengan langkah-langkah yang ada dalam teori. secara keseluruhan jumlah Santri Daarul Quran sebanyak 123 dengan menggunakan metode yang berbeda dalam menghafal Al-quran. Hasil hafalan al-Qur‟ an.yang menggunakan metode thoriqo wahdah dari 18 santri, nilai tahfidz 82,5 nilai ini kategore baik, 72,3 nilai tahsin kategori ini baik.maka secara keseluruhan hasil hafalan alquran santri baik. Faktor pendukung dan penghamabt dari Menghafal alquran dengan penggunaan metode thoriqo wahdah yaitu: Faktor Pendukung a. Ustadz dapat menguasai metode thoriqo wahdah dengan baik b. Ustadz memiliki kompetensi yang baik dalam membimbing hafalan alquran c. Santri dapat mengikuti materi dengan baik. Fakrtor Penghambat a. Adanya ustadz yang berhalangan hadir dalam dalan proses bimbigan hafalan alquran b. Adanya santri yang belum terlalu lancar dalam Menghafal alquran
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas metode thoriqo wahdah; membimbing hafalan Al-Qur'an; |
Subjects: | Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Musabaqah Tilawatil Qur'an, MTQ |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | niswa alhikmah |
Date Deposited: | 13 Dec 2018 07:00 |
Last Modified: | 13 Dec 2018 07:00 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/17439 |
Actions (login required)
View Item |