Pengaruh strategi pemasaran berbasis digital dan kualitas sumber daya insani terhadap keputusan nasabah dalam membeli produk asuransi jiwa syariah di kantor pemasaran Satria Muda Sucore Agency Bandung

Budyana, Anthon (2018) Pengaruh strategi pemasaran berbasis digital dan kualitas sumber daya insani terhadap keputusan nasabah dalam membeli produk asuransi jiwa syariah di kantor pemasaran Satria Muda Sucore Agency Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (313kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (698kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB)

Abstract

INDONESIA: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh asumsi yang menyatakan bahwa strategi pemasaran berbasis digital di era sekarang sangat besar pengaruhnya terhadap keputusan nasabah untuk membeli sebuah produk, selain itu peranan sumber daya manusia sebagai tenaga pemasar yang berlandaskan pada nilai nilai islami yang tinggi akan menjadi pertimbangan bagi keputusan nasabah dalam membeli sebuah produk asuransi jiwa syariah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis seberapa besar pengaruh strtategi pemasaran berbasis digital dan seberapa besar pengaruh kualitas sumber daya manusia insani secara parsial terhadap keputusan calon nasabah membeli asuransi jiwa syariah , dan seberapa besar pengaruh Strategi pemasaran berbasis digital dan kualitas sumber daya insani secara simultan terhadap keputusan calon nasabah dalam memnbeli produk asuransi jiwa syariah di kantor pemasaran santria muda sucore agency Bandung. Kerangka pemikiran pada penelitian ini menunjukan : 1) Terdapat pengaruh antara strategi pemasaran berbasis digital terhadap keputusan nasabah dalam membeli produk asuransi jiwa syariah; 2) Terdapat pengaruh antara kualitas sumber daya insani terhadap keputusan nasabah dalam membeli produk asuransi jiwa syariah; 3) Terdapat pengaruh antara strategi pemasaran berbasis digital dan kualitas sumber daya insani terhadap keputusan nasabah dalam membeli produk asuransi jiwa syariah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriftif dan kuantitatif dengan sample sebanyak 95 nasabah asuransi jiwa syariah. Teknik pengambilan sample dalam penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling. Teknik analisis yang di gunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji realibilitas, analisis regresi linier dan uji hipotesis termasuk uji t, uji f dan koefesien determinasi (R²). Data tersebut di analisis menggunakan program software SPSS 21. Hasil penelitian ini menunjukan terdapat pengaruh yang signifikan antara strategi pemasaran berbasis digital terhadap keputusan pembelian asuransi jiwa syariah, hal ini dapat dilihat dari nilai probabilitas yang kurang dari alpha 0,05. Besarnya pengaruh strategi pemasaran berbasis digital terhadap keputusan pembelian asuransi jiwa syariah yaitu sebesar 52,1%. Sedangkan untuk variable kualitas sumber daya insani juga menunjukan pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian asuransi jiwa syariah, hal ini dapat dilihat dari nilai probabilitas yang kurang dari alpha 0,05. Besarnya pengaruh kualitas sumber daya insani terhadap keputusan pembelian asuransi jiwa syariah yaitu sebesar 41,8%. Selanjutnya terdapat pengaruh yang signifikan strategi pemasaran berbasis digital dan kualitas sumber daya manusia insani secara simultan terhadap keputusan pembelian asuransi jiwa syariah, Hal ini dapat dilihat dari nilai F hitung > F tabel (63,122 > 3,19) dan nilai probabilitas yang kurang dari alpha 0,05. Besarnya pengaruh strategi pemasaran berbasis digital dan sumber daya insani secara simultan terhadap keputusan pembelian asuransi jiwa 57,8% dan sisanya 42,2% dipengaruhi variable lain yang tidak di teliti pada penelitian ini. ENGLISH: This research is motivated by the assumption that digital-based marketing strategies in the present era have a huge influence on the customer's decision to buy a product, besides the role of human resources as marketers based on high Islamic values ​​will be a consideration for the customer's decision in buy a sharia life insurance product. The purpose of this study is to analyze how much influence digital-based marketing strategies and how much influence the quality of human human resources partially on the decision of prospective customers to buy sharia life insurance, and how much influence digital-based marketing strategies and quality of human resources simultaneously to the decision prospective customers in buying sharia life insurance products in young santria marketing office sucore agency Bandung. The framework of thought in this study shows: 1) There is an influence between digital-based marketing strategies on customer decisions in buying sharia life insurance products; 2) There is an influence between the quality of human resources on the customer's decision in buying sharia life insurance products; 3) There is an influence between digital-based marketing strategies and the quality of human resources on customer decisions in buying sharia life insurance products. The method used in this study is descriptive and quantitative with a sample of 95 sharia life insurance customers. The sampling technique in this study uses non-probability sampling technique. The analysis technique used in this study is the validity test, reliability test, linear regression analysis and hypothesis testing including t test, f test and determination coefficient (R²). The data is analyzed using the SPSS 21 software program. The results of this study indicate that there is a significant influence between digital-based marketing strategies on sharia life insurance purchasing decisions, this can be seen from the probability value less than alpha 0.05. The magnitude of the influence of digital-based marketing strategy on the purchase decision of sharia life insurance is 52.1%. While for the variable quality of human resources also shows a significant influence on the purchase decision of Islamic life insurance, this can be seen from the probability value less than alpha 0.05. The magnitude of the influence of the quality of human resources on the purchase decision of sharia life insurance is equal to 41.8%. Furthermore, there is a significant influence of digital-based marketing strategy and the quality of human human resources simultaneously on sharia life insurance purchasing decisions. This can be seen from the calculated F value> F table (63.122> 3.19) and a probability value less than alpha 0 , 05. The magnitude of the influence of digital-based marketing strategies and human resources simultaneously on life insurance purchasing decisions is 57.8% and the remaining 42.2% is influenced by other variables not examined in this study.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran Digital; Sumber Daya Insani; Asuransi Jiwa
Subjects: Islam > Islam and Economics
Financial Economics, Finance
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Ekonomi Islam
Depositing User: Rasyida Rofiatun Nisa
Date Deposited: 13 Dec 2018 06:31
Last Modified: 27 Jun 2022 04:51
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/17440

Actions (login required)

View Item View Item