Penerapan metode bermain bernyanyi dan bercerita pada pembelajaran Agama Islam di Taman Kanak-Kanak: Penelitian di TK Khas Masjid Agung Garut

Fattah, Abdul (2013) Penerapan metode bermain bernyanyi dan bercerita pada pembelajaran Agama Islam di Taman Kanak-Kanak: Penelitian di TK Khas Masjid Agung Garut. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DaftarIsi.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (299kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
5_DaftarPustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)

Abstract

Tesis ini membahas tentang penerapan metode bermain bernyanyi dan bercerita pada Pembelajaran Agama Islam di Taman Kanak-kanak. Pembelajaran moral agama pada anak usia dini, diharapkan agar anak belajar perilaku moral lewat peniruan dan pembiasaan. Pembelajaran Agama Islam di Taman Kanak-kanak merupakan penjabaran dari aspek pengembangan moral dan nilai-nilai agama. Materi (content) yang dijarakan setidaknya mencakup aspek aqidah (keimanan), akhlak (budi pekerti) dan syariah (ibadah.untuk merealisasikan rencana Pembelajaran Agama Islam, diperlukan metode pembelajaran yang tepat bagi siswa Taman Kanak-kanak. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan pada pembelajaran agama Islam di Taman Kanak-kanak Khas Masjid Agung Garut dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan sesuai dengan norma-norma penelitian kualitatif. Metode Pembelajaran Agama Islam pada penelitian ini adalah cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana Pembelajaran Agama Islam yang sudah disusun dalam kegiatan nyata agar tujuan yang telah disusun tercapai secara optimal, diantara metode yang sering digunakan adalah metode bermain, bernyanyi dan bercerita. Metode bermain pada penelitian ini adalah cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana pembelajaran agama Islam yang sudah disusun dengan kegiatan yang bersifat voluntir (sukarela), spontan, terfokus, menyenangkan dan fleksibel secara berulang-ulang. Metode bernyanyi adalah metode pengajaran yang dilakukan dengan cara berdendang, dengan menggunakan suara yang merdu, nada yang enak didengar dan kata-kata yang mudah dihapal, sedangakan metode bercerita mengandung arti suatu cara dalam menyampaikan materi pelajaran dengan menuturkan secara kronologis tentang bagaimana terjadinya sesuatu hal baik yang sebenarnya terjadi ataupun hanya rekaan saja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode bernyanyi dan bercerita pada Pembelajaran Agama Islam di Taman Kanak-kanak Khas Masjid Agung didesain sedemikian rupa sehingga membuat suasana belajar yang menyenangkan. Metode dilakukan sesuai dengan teori-teori pembelajaran di Taman Kanak-kanak.Ketiga metode tersebut dilakukan pada satu tema pembelajaran atau dilakukan terpisah-pisah. Metode bermain, bernyanyi dan bercerita sekaligus pada satu materi pembelajaran, bermain dan bernyanyi sekaligus, bermain bercerita sekaligus, bercerita dan bernyanyi sekaligus atau dilakukan tersendiri pada masing-masing metode didalam kegiatan pembelajaran, dengan metode tersebut, lebih membantu dan memudahkan anak dalam mengenal, menghafal dan mengamalkan ajaran agama Islam. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode bermain, bernyanyi dan bercerita dapat diterapkan pada Pembelajaran Agama Islam di Taman Kanak-kanak. Pembelajaran melalui metode bermain, bernyanyi dan bercerita sangat membantu dan memudahkan anak dalam mengenal, menghafal, menyerap dan memahami materi agama Islam dengan cepat serta dapat mengamalkan praktek ibadah serta berakhlak al-karimah setiap harinya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran; Bernyanyi dan Bercerita
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Jajang Burhanudin
Date Deposited: 01 Jun 2016 09:44
Last Modified: 11 Jan 2022 07:39
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/1745

Actions (login required)

View Item View Item