Faturochman, Ilham (2018) Strategi manajemen surat kabar harian umum Radar Tasikmalaya dalam persaingan dengan Media online. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
Cover Skripsi.pdf Download (74kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (77kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
Daftar isi.pdf Download (116kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (186kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (274kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (285kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (121kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA .pdf Restricted to Registered users only Download (84kB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan media massa yang sangat pesat telah memberikan perubahan dalam kehidupan masyarakat. Perkembangan industri media cetak lokal harus bisa bersaing dengan semakin banyaknya kompetitor seperti media online. Untuk itu surat kabar lokal harus bisa bertahan ditengah era modern ini, sehingga dibutuhkan strategi manajemen untuk mempertahankan surat kabar lokal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi manajemen media surat kabar Radar Tasikmalaya dalam persaingan dengan media online. Strategi manajemen media ini terbagi menjadi empat bidang redaksi, bidang iklan, bidang percetakan, dan bidang pemasaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis studi kasus dengan menggunakan strategi media konsep Totok Djuroto yaitu Bidang Redaksi, bidang iklan, bidang percetakan, dan bidang pemasaran. Metode penelitian studi kasus dianggap tepat untuk penelitian ini karena peneliti tidak sekedar menjelaskan seperti apa objek yang diteliti, tetapi untuk menjelaskan bagaimana keberadaan dan mengapa kasus tersebut dapat terjadi. Hasil penelitian ini menunjukan strategi manajemen surat kabar harian umum radar tasikmalaya dalam persaingan dengan media online yaitu pada bidang redaksi surat kabar radar tasik lebih menonjolkan berita lokal daripada berita nasional, dengan presentasi berita lokal 75%, nasional 20%, dan internasional 5%, dengan lebih banyaknya berita lokal ini membuat masyarakat atau pelanggan merasa lebih dekat dengan surat kabar Radar Tasikmalaya, bidang iklan yaitu dengan memberikan harga diskon kepada calon pengiklan, bidang percetakan yaitu agar menghasilkan cetakan yang bagus dan tidak mengelupas tintanya, dan bidang pemasaran yaitu menjual surat kabar sebanyak-banyaknya dengan menggunakan sasaran segmentasi, targeting dan positioning.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi manajemen; Surat kabar; Media cetak; |
Subjects: | Journalism and Newspapers in Indonesia |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik |
Depositing User: | ilham ilham faturochman |
Date Deposited: | 18 Dec 2018 02:08 |
Last Modified: | 18 Dec 2018 02:08 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/17453 |
Actions (login required)
View Item |