Nursyamsi, Ahmad (2015) Pengaruh lingkungan sekolah berbasis pondok pesantren dan kompetensi kepribadian guru aqidah akhlak terhadap pembentukan akhlak siswa: Penelitian pada Kelas VII dan VIII di Sekolah Berbasis Pondok Pesantren MTs. Al-Musri’ 1 Ciranjang Kabupaten Cianjur. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_Cover.pdf Download (140kB) | Preview |
|
|
Text
2_Abstrak.pdf Download (288kB) | Preview |
|
|
Text
3_DaftarIsi.pdf Download (226kB) | Preview |
|
|
Text
4_Bab1.pdf Download (272kB) | Preview |
|
Text
5_Bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (953kB) |
||
Text
6_Bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (663kB) |
||
Text
7_Bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (733kB) |
||
Text
8_Bab5danDaftarPustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (367kB) |
Abstract
Pendidikan di lingkungan sekolah berbasis pondok pesantren berfungsi sebagai upaya pelengkap pendidikan dalam lingkungan keluarga yang menjalankan tugas mendidik peserta didik dalam hal ilmu pengetahuan umum dan agama yang sudah tidak mampu lagi dilakukan oleh keluarga. Posisi lingkungan sekolah berbasis pondok pesantren dalam pembentukan akhlak mempunyai peranan yang lebih strategis dari lingkungan keluarga. Disamping itu yang tidak kalah penting dalam pembentukan akhlak siswa adalah kompetensi kepribadian guru terutama guru aqidah akhlak yang merupakan ujung tombak bagi terciptanya tujuan pendidikan dalam hal pembentukan akhlak. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan ada atau tidaknya pengaruh lingkungan sekolah berbasis pondok pesantren serta kompetensi kepribadian guru aqidah akhlak terhadap pembentukan akhlak siswa. (Penelitian pada kelas VII dan VIII di MTs Al-Musri’ 1 Ciranjang Kab. Cianjur). Penelitian ini sesuai dengan penjelasan bahwa lingkungan sekolah berbasis pondok pesantren dan kompetensi kepribadian guru aqidah akhlak mempunyai peranan penting dalam pembentukan akhlak siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode asosiatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian sejumalah 50 siswa dari kelas VII dan VIII MTs Al-Musri’ 1 Ciranjang tahun pelajaran 2014-2015. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah lingkungan sekolah berbasis pondok pesantren dan kompetensi kepribadian guru aqidah akhlak sedangkan variabel terikatnya adalah pembentukan akhlak siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh positif lingkungan sekolah berbasis pondok pesantren terhadap pembentukan akhlak siswa di MTs. Al-Musri 1 Ciranjang ditunjukkan dengan koefisien regresi sebesar 21%. (2) ada pengaruh positif kompetensi kepribadian guru aqidah akhlak terhadap pembentukan akhlak siswa di MTs Al-Musri’ 1 Ciranjang ditunjukkan dengan koefisien regresi 39.9%. (3) secara bersama-sama, ada pengaruh positif dari lingkungan sekolah berbasis pondok pesantren dan kompetensi kepribadian guru aqidah akhlak di MTs Al-Musri’ 1 Ciranjang terhadap pembentukan akhlak siswa yang ditunjukkan dengan koefisien regresi sebesar 44.5% (4) ada hubungan positif antara lingkungan sekolah berbasis pondok pesantren dengan kompetensi kepribadian guru aqidah akhlak yang tunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0.894 (sangat kuat). Jadi dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa lingkungan sekolah berbasis pondok pesantren dan kompetensi kepribadian guru aqidah akhlak berpengaruh terhadap pembentukan akhlak siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Guru; Kompetensi Guru; Akhlak |
Subjects: | Islam > Islamic Religious Education |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr. Jajang Burhanudin |
Date Deposited: | 01 Jun 2016 10:12 |
Last Modified: | 11 Jan 2022 07:56 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/1746 |
Actions (login required)
View Item |