Tanggapan siswa terhadap penggunaan metode pembelajaran question student have hubungannya dengan keaktifan belajar mereka pada mata pelajaran PAI pokok bahasan perjuangan Rosulullah di Madinah: penelitian terhadap siswa Kelas X SMAN 26 Bandung

Nurrohmatilah, Ilah (2017) Tanggapan siswa terhadap penggunaan metode pembelajaran question student have hubungannya dengan keaktifan belajar mereka pada mata pelajaran PAI pokok bahasan perjuangan Rosulullah di Madinah: penelitian terhadap siswa Kelas X SMAN 26 Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (976kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (578kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (723kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB)

Abstract

Penelitian ini bertolak dari fenomena yang muncul di SMAN 26 Bandung khususnya di kelas X. Berdasarkan studi pendahuluan yang telah dilakukan diperoleh informasi bahwa adanya kesenjangan pada penerapan metode pembelajaran question student have. Pada proses pembelajaran di kelas, guru sudah menerapkan metode question student have sesuai dengan langkah-langkah yang harus dilakukan. Selain itu guru juga sudah berupaya dengan seoptimal mungkin untuk bisa meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran PAI pokok bahasan perjuangan Rosulullah di Madinah. Tanggapan siswa terhadap penerapan metode pembelajaran question student have berbeda-beda. Beberapa siswa memberikan respon yang baik, ditandai dengan banyaknya siswa yang berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Namun, masih terdapat siswa yang kurang antusias, hal ini terlihat ketika masih ada siswa yang kurang percaya diri dalam membuat/mengajukan pertanyaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap penggunaan metode pembelajaran question student have, keaktifan belajar mereka dan hubungan antara tanggapan siswa terhadap penggunaan metode pembelajaran question student have dengan keaktifan belajar mereka pada mata pelajaran PAI pokok bahasan perjuangan Rosulullah di Madinah. Penelitian ini berdasarkan pada kajian teoritis yang menyatakan bahwa metode pembelajaran question student have merupakan cara pembelajaran siswa aktif yang membuat siswa tidak takut untuk mempelajari apa yang siswa harapkan dan butuhkan, sehingga dapat meningkatkan keaktifan belajar mereka pada mata pelajaran PAI pokok bahasan perjuangan Rosulullah di Madinah. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah apabila siswa menilai positif penggunaan metode pembelajaran question student have, maka keaktifan belajar mereka akan meningkat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi dan wawancara. Analisis data menggunakan statistik dengan pendekatan analisis parsial dan korelasi melalui langkah-langkah uji normalitas dan regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanggapan siswa terhadap metode pembelajaran question student have termasuk kategori tinggi dengan nilai rata-rata 3,84. Keaktifan belajar mereka termasuk kategori tinggi dengan nilai rata-rata 3,88. Hubungan antara keduanya termasuk ke dalam kategori korelasi tinggi dengan nilai sebesar 0,69. Hasil uji signifikansi korelasi menunjukkan bahwa bahwa t hitung 5,42 > t tabel 2, 04 maka hipotesis alternatif (Ha) tersebut diterima. Uji pengaruh variabel X terhadap variabel Y memperoleh nilai sebesar 31%, artinya ada faktor lain sebesar 69% yang dapat mempengaruhi keaktifan belajar mereka.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Metode Quesstion Student Have; Rosulullah; Madinah;
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 17 Dec 2018 07:13
Last Modified: 17 Dec 2018 07:13
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/17483

Actions (login required)

View Item View Item