Penerapan strategi pembelajaran learning start with a question dan writing performance taks untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa: penelitian kuasi eksperimen terhadap siswa SMP Negeri 37 Bandung Kelas VIII

Safe'i, Yessy Nurseptiani (2018) Penerapan strategi pembelajaran learning start with a question dan writing performance taks untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa: penelitian kuasi eksperimen terhadap siswa SMP Negeri 37 Bandung Kelas VIII. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (540kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang terdapat perbedaan kemampuan pemahaman matematis siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran LSQ, WiPT dan pembelajaran konvensional. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling, diperoleh sampel yaitu kelas VIII-H, VIII-I dan VIII-J. Pengambilan data menggunakan instrumen penelitian berupa tes yaitu soal pemahaman matematis, dan non tes yaitu lembar observasi guru dan siswa serta skala sikap. Setelah dilaksanakan penelitian, data kemudian dikaji dan dianalisis. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh: (a) Gambaran proses pembelajaran matematika kelas LSQ terdapat peningkatan menjadi baik; (b) Gambaran proses pembelajaran matematika kelas WiPT terdapat peningkatan menjadi amat baik; (c) Peningkatan pemahaman matematis kelas LSQ dikategorikan sedang, kelas WiPT sedang, dan kelas konvensional sedang; (d) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman matematis siswa pada ketiga kelas, dengan urutan dari yang terbaik yaitu LSQ, WiPT, dan kelas konvensional; (e) Siswa kelas LSQ dan kelas WiPT diketahui bahwa sebagian besar siswa bersikap positif terhadap kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa strategi pembelajaran LSQ lebih baik dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa dibandingkan strategi pembelajaran WiPT dan konvensional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: LSQ; WiPT; pemahaman matematis;
Subjects: Education and Research of Literatures
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: yessy nurseptiani
Date Deposited: 17 Dec 2018 08:41
Last Modified: 17 Dec 2018 08:41
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/17503

Actions (login required)

View Item View Item