Rohmahani, Dina (2018) Pengembangan bahan pengayaan fisika pengelolaan sistem instalasi air wilayah Perumahan Parakanmuncang Kabupaten Sumedang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (22kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (169kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf Download (127kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf Download (252kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_Bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (780kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_Bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (618kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (652kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_Bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (103kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (244kB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan literasi dalam pembelajaran sains merupakan kemampuan peserta didik dalam memahani konsep sains khususnya fisika dan mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, menjelaskan fenomena ilmiah serta menggambarkan fenomena tersebut berdasarkan bukti-bukti ilmah. Penelitian ini bertujuan untuk 1) tingkat kelayakan pengembangan bahan pengayaan fisika pengelolaan sistem instalasi air wilayah Perumahan Parakanmuncang Kabupaten Sumedang pada peserta didik kelas XII IPA 3 SMAN Cimanggung dan XII IPA 7 SMAN Tanjungsari 2) peningkatan kemampuan literasi pengelolaan sistem instalasi air kelas XII IPA 3 SMAN Cimanggung dan XII IPA 7 SMAN Tanjungsari setelah penerapan bahan pengayaan fisika pengelolaan sistem instalasi air wilayah Perumahan Parakanmuncang Kabupaten Sumedang. Metode penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Sampel penelitian berjumlah 40 orang peserta didik dari SMAN Cimanggung dan 34 orang peserta didik dari SMAN Tanjungsari. Hasil penelitian sebagai berikut: 1) kelayakan bahan pengayaan dari hasil validasi bahan pengayaan, angket uji keterbacaan menunjukan kelayakan bahan pengayaan sebesar 75,91 dengan kategori layak 2) kemampuan literasi sains pada peserta didik SMAN Cimanggung mengalami peningkatan dengan N-gain sebesar 0,62 dengan kategori sedang dan kemampuan literasi sains peserta didik SMAN Tanjungsari juga mengalami peningkatan dengan N-gain sebesar 0,77 setelah diberikan bahan pengayaan fisika pengelolaan sistem instalasi air wilayah Perumahan Parakanmuncang dengan kategori tinggi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahan pengayaan; literasi sains; model ADDIE; |
Subjects: | Education and Research of Literatures |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Dina Rohmahani Sikan |
Date Deposited: | 18 Dec 2018 08:18 |
Last Modified: | 18 Dec 2018 08:18 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/17537 |
Actions (login required)
View Item |