Mutu pendidikan pondok pesantren berbasis standar nasional pendidikan: penelitian di Pondok Pesantren Al-Musaddadiyah, Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah dan Pesantren Persatuan Islam Rancabogo Tarogong Kabupaten Garut

Munawaroh, Nenden (2017) Mutu pendidikan pondok pesantren berbasis standar nasional pendidikan: penelitian di Pondok Pesantren Al-Musaddadiyah, Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah dan Pesantren Persatuan Islam Rancabogo Tarogong Kabupaten Garut. Doktoral thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (726kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (890kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya mutu pendidikan di Pondok Pesantren Al-Musaddadiyah, Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah Garut dan Pesantren Persatuan Islam Rancabogo Tarogong Kabupaten Garut belum maksimal. Oleh karena itu, pondok pesantren perlu melakukan upaya peningkatan mutu pendidikan dengan mengacu kepada Standar Nasional Pendidikan. Secara umum, tujuan penelitian ini untuk mengetahui mutu pendidikan pondok pesantren berbasis standar nasional pendidikan di Pondok Pesantren Al-Musaddadiyah, Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah Garut dan Pesantren Persatuan Islam Rancabogo Tarogong Kabupaten Garut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian Kualitatif Naturalistik, dengan teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, studi dokumentasi dan observasi partisifasi di lapangan. Adapun hasil dari penelitian ini adalah, bahwa mutu pendidikan pondok pesantren berbasis standar nasional pendidikan di ketiga pondok pesantren tersebut, terlihat dari mutu kelembagaan berdasarkan kepada sistem kepeminpinan seorang Kyai yang taffaquh fiddin dan taffaquh fiddunya, sumber daya manusia dengan memaksimalkan produktifitas yang dikelola oleh tenaga-tenaga ahli, kompeten, dan berdedikasi tinggi kepada pesantren, proses pembelajaran dilakukan dengan mengacu kepada pesan-pesan ilahiyyah yang bersandar kepada kitabullah dan sunnatullah, serta mutu manajemen pendidikan pesantren berbasis kepada standar nasional pendidikan yang berorientasi pada kepuasan pelanggan. Sementara itu, upaya yang dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan ketiga pondok pesantren adalah melalui sistem akreditasi, dengan memberdayakan Lembaga penjaminan Mutu (LPM) pesantren, sehingga pondok pesantren tersebut memperoleh nilai akreditasi “A”. dengan hasil yang dicapai pondok pesantren tersebut memberikan dampak baik terhadap lembaga pesantren, kyai, santri, alumni dan masyarat. Sedangkan prospek mutu pendidikan ke tiga pondok pesantren tersebut yaitu bahwa pondok pesantren akan tetap eksis, berkembang dan bahkan unggul, serta dapat memberi harapan sebagai model untuk mempertahankan eksistensinya dan mengembangkannya secara terpadu dengan seluruh aspek dari Manajemen Pendidikan Islam. ENGLISH This research was triggered by a not maximum quality of education in Pesantren of Al-Musaddadiyah, Pesantren of Darul Arqam Muhammadiyah and Pesantren of Persatuan Islam Rancabogo Tarogong in Garut district. Therefore, it is imperative for pesantren to improve the quality of education based on national education standard. In general, this study aimed at revealing the quality of national education standard based pesantren in pesantren of Al-Musaddadiyah, pesantren of Darul Arqam Muhammadiyah Garut and pesantren of Persatuan Islam (PERSIS) Rancabogo Tarogong in Garut district. This study employed a qualitative naturalistic method with the data collection techniques of in-depth interview, documentary study and participatory observation in the place of study. The research findings showed that the quality of national education standard based pesantren in the three pesantren can be seen from the institutional quality based on the leadership system of Kyai who has taffaquh fiddin and taffaquh fiddunya qualifications, human resources maximizing the productivity managed by competent experts dedicated to pesantren, learning process done by referring to the ilahiyyah messages relied on kitabullah and sunnatullah, and quality of national education standard based pesantren education management oriented to customer satisfaction Moreover, the effort to improve the quality of education in the three pesantren is made through accreditation system by empowering Quality Assurance Institution of pesantren, so that the pesantren receive an “A” value for the accreditation. This grade will have a good effect on pesantren institution, kyai, santri, alumni and community. Meanwhile the prospect of quality education in the three pesantren is that the pesantren will survive, develop, get excellent and give a hope to get survival and development integrated to all aspects of Islamic Education Management.

Item Type: Thesis (Doktoral)
Uncontrolled Keywords: Mutu pendidikan; Pondok pesantren
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Pascasarjana Program Doktor > Program Studi Pendidikan Islam
Depositing User: Users 11 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2018 02:38
Last Modified: 19 Dec 2018 02:38
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/17563

Actions (login required)

View Item View Item