Hermawan, Ridwan (2018) Tanggapan siswa terhadap metode kitabah hubungannya dengan kemampuan hafalan Al-Quran juz 30 pada muatan lokal BTQ: penelitian terhadap siswa kelas VIII C dan E di SMP Bakti Nusantara 666. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf.pdf Download (177kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf.pdf Download (168kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf.pdf Download (108kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf.pdf Download (367kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (647kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (337kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (484kB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (176kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (110kB) |
Abstract
Berdasarkan studi pendahuluan di SMP Bakti Nusantara 666 diterapkan metode kitabah dalam pembelajaran muatan lokal BTQ. Peneliti tertarik untuk melakukan penelitian terhadap tanggapan siswa terhadap metode kitabah hubungannya dengan kemampuan hafalan Al-Quran juz 30 pada muatan lokal BTQ. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) tanggapan siswa terhadap penerapan metode kitabah di SMP Bakti Nusantara 666, 2) kemampuan hafalan Al-Quran juz 30 pada muatan lokal BTQ di SMP Bakti Nusantara 666, 3) hubungan antara tanggapan siswa terhadap metode kitabah dengan kemampuan hafalan Al-Quran juz 30 pada muatan lokal BTQ di SMP Bakti Nusantara 666. Berdasarkan asumsi teorik tanggapan merupakan salah satu fungsi jiwa yang pokok, diartikan sebagai gambaran ingatan dari sebuah pengamatan, hal demikian serupa dengan perhatian yang sama-sama merupakan hasil dari reaksi jiwa yang terfokus kepada suatu objek dan merupakan faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Hipotesis penelitian ini adalah (Ha) yaitu terdapat korelasi antara tanggapan siswa terhadap metode kitabah dengan kemampuan hafalan Al-Quran juz 30 pada muatan lokal BTQ di SMP Bakti Nusantara 666. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif deskriptif dengan alat pengumpul data berupa angket, wawancara, observasi, dokumentasi, studi pustaka dan tes lisan. Adapun tehnik analisis datanya dengan menggunakan analisis logika untuk data kualitatif dan analisis statistik untuk data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa, 1) tanggapan siswa terhadap metode kitabah termasuk pada kategori cukup dengan rata-rata sebesar 3,35 yang berada pada interval 2,60 – 3,39. 2) kemampuan hafalan Al-Quran juz 30 para siswa termasuk pada kategori baik dengan nilai rata-rata 76,87 yang berada pada interval 70-79. 3) hubungan antara tanggapan siswa terhadap metode kitabah dengan kemampuan hafalan Al-Quran juz 30 mereka termasuk pada kategori korelasi sangat rendah dengan nilai -0,16 yang berada pada interval 00,0 – 0,19. Berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh thitung (-1) < ttabel (1,865) yang berarti hipotesis (Ha) ditolak. Artinya tidak terdapat korelasi antara tanggapan siswa terhadap metode kitabah dengan kemampuan hafalan Al-Quran juz 30 pada muatan lokal BTQ. Maka hal ini menunjukan bahwa kemampuan hafalan Al-Quran juz 30 siswa kurang dipengaruhi oleh tanggapan mereka terhadap metode kitabah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tanggapan Siswa; Metode Kitbah; Kemampuan Hafalan Al-Quran; Muatan Lokal BTQ; |
Subjects: | Islam > Islamic Religious Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ridwan Hermawan |
Date Deposited: | 20 Dec 2018 08:03 |
Last Modified: | 20 Dec 2018 08:03 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/17636 |
Actions (login required)
View Item |