Pelaksanaan ta'widh bagi nasabah yang terlambat bayar angsuran dalam pembiayaan murabahah di BRI Syariah KCP Soekarno hatta

Fauzi, Ismat (2018) Pelaksanaan ta'widh bagi nasabah yang terlambat bayar angsuran dalam pembiayaan murabahah di BRI Syariah KCP Soekarno hatta. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER SKRIPSI.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI jadi.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1 JADI.pdf

Download (213kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB 2 JADI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (643kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB 3 JADI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB 4 JADI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB) | Request a copy

Abstract

Produk-produk perbankan Syariah yang diciptakan berdasarkan prinsip Syariah berbeda dengan Perbankan Konvensional yang berbasis riba sehingga mereka tahan terhadap segala kondisi perekonomian. Salah satu produk perbankan Syariah adalah Murābahah yang merupakan fasilitas pembiayaan dengan prinsip jual beli dan akadnya dinamakan akad Murābahah. Dalam fatwa DSN No.43/DSN-MUI/VIII/2004 tentang Ta’wīdh (ganti rugi), fatwa ini dalam ketentuan khusus dinyatakan jumlah ganti rugi besarnya harus ditetapkan sesuai dengan kerugian rill dan tata cara pembayarannya tergantung kesepakatan para pihak serta besarnya ganti rugi ini tidak boleh dicantumkan dalam akad. Tetapi, dalam kenyataannya apabila nasabah mengalami keterlambatan dari pertama akad sudah ditentukan besarnya ganti rugi yang harus dibayar oleh nasabah. Penentuan ganti rugi yang secara sepihak oleh BRI Syariah KCP. Soekarno Hatta. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pelaksanaan pembiayaan di BRI Syariah KCP Soekarno Hatta. (2) Untuk mengetahui pelaksanaan ganti rugi (ta’wīdh) terhadap nasabah yang terlambat dalam pembayaran pembiayaan Murābahah di BRISyariah KCP Soekarno Hatta. (3) Untuk mengetahui kesesuaian antara pelaksanaan ganti rugi (ta’wīdh) pada pembiayaan di BRISyariah KCP Soekarno Hatta dengan Fatwa No.43/DSN-MUI/VIII/2004. Metode Penelitian yang dilakukan adalah: Metode Deskriptif. Metode penelitian yang diupayakan ini untuk mengamati permasalahan secara sistematis dan akurat mengenai fakta-fakta dan sifat-sifat objek, yakni tentang pelaksanaan pembiayaan Murabahah di BRISyariah KCP Soekarno Hatta. Ta’widh adalah kompensasi, denda yang dikenakan karena pelanggaran kesepakatan. Pelanggaran kesepakatan yang dimaksud adalah bahwa salah satu pihak dengan sengaja tidak memenuhi kewajibannya yang telah diperjanjikan sehingga menimbulkan kerugian terhadap pihak lawan. Berdasarkan data yang diperoleh dan hasil dari analisis yang dilakukan oleh penelitian, Berdasarkan pada SOP Bank BRI Syariah, maka prosedur pembiayaan Murābahah pada pembiayaan mikro di Bank BRI Syariah KCP Soekarno Hatta bisa dilakukan dengan dua macam yakni pembiayaan Murābahah tanpa wakalah dann pembiayaan Murābahah dengan wakalah. Adapun biaya tawidh di BRI Syariah KCP Soekarno Hatta sudah ditetapkan sebelumnya dengan angka-angka yang jelas dan tetap. Sementara pada dasarnya biaya ganti rugi (ta’widh) adalah biaya yang nyata atau rill bukan kerugian yang diperkirakan sebelumnya. Adanya ketidak sesuaian dalam pelaksanaan biaya tawidh di BRI Syariah KCP Soekarno Hatta dikarenakan sudah ditetapkan diawal dengan angka-angka yang jelas dan tetap sedangkan dalam Fatwa DSN MUI No.43/DSN-MUI/VIII/2004 Besar ganti rugi (ta`widh) adalah sesuai dengan nilai kerugian riil yang pasti dialami dalam transaksi tersebut dan bukan kerugian yang diperkirakan akan terjadi karena adanya peluang yang hilang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Murabahah; Ta'widh;
Subjects: Administration of Economy > Administration of Financial Institutions
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Ismat Fauzi
Date Deposited: 31 Dec 2018 01:44
Last Modified: 31 Dec 2018 01:44
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/17704

Actions (login required)

View Item View Item