Konsep gender dan seksualitas dalam Alquran perspektif Asma Barlas

Octavia, Sri Yani (2018) Konsep gender dan seksualitas dalam Alquran perspektif Asma Barlas. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab 1.pdf

Download (529kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (617kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (792kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (415kB) | Request a copy

Abstract

Pandangan patriarkis terhadap ayat gender menimbulkan doktrin yang buruk terhadap kesetaraan dalam kedudukan antara laki- laki dan perempuan, hingga terjadi diskriminasi terhadap perempuan. Hal inilah yang menjadi perbincangan para mufassir kontemporer, salah satunya Asma Barlas. Asma Barlas melakukan analisis linguistik dan kritik historis sehingga dapat menemukan konsep yang sesuai dengan Alquran. Oleh karena itu penelitian ini bertolak dari rumusan masalah: Bagaimana penafsiran Asma Barlas pada ayat yang berkaitan dengan gender dan seksualitas? Dengan tujuan penelitian untuk mengetahui penafsiran Asma Barlas pada ayat- ayat gender dan seksualitas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah content analisis dari sumber-sumber pustaka (library Research). Sumber utama penelitian ini yaitu karya Asma Barlas yang berjudul Cara Quran Membebaskan Perempuan, serta sumber sekunder yang mengkaji tentang gender dan seksualitas diantaranya: buku Fiqh Seksualitas Risalah Islam untuk Pemenuhan Hak- Hak Seksualitas Karya Husein Muhammad, Analisis Gender dan Transformasi Sosial karya Mansoer Faqih dan yang lainnya. Hasil analisis dari perspektif Asma Barlas mengenai konsep gender dan seksualitas dalam Alquran barlas menafsirkan 9 ayat, 5 di antaranya kajian tentang gender dan 4 lagi kajian seksualitas. Berkenaan tentang gender dalam Alquran, Barlas menafsirkan dari seluruh ayatnya bahwa laki- laki dan perempuan itu setara. Menurutnya alasan kesetaraan dan keserupaan kedua jenis kelamin ini adalah bahwa keduanya diciptakan untuk hidup bersama dalam kerangka saling mencintai dan mengakui satu sama lain. Menurut penafsiran Asma Barlas mengenai seksualitas, Alquran mengatakan bahwa seks atau biologi laki- laki dan perempuan memang terdapat perbedaan karena itu bersifat kodrati. Namun seksualitas dalam kontruksi sosial, Alquran tak pernah menafsirkan ketidaksetaraan antara keduanya, laki- laki dan perempuan sama- sama memiliki hasrat seksual yang sama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Gender; Seksualitas; dan Asma Barlas;
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kumpulan Ayat-ayat dan Surat-surat Tertentu dalam Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: sri yani
Date Deposited: 28 Dec 2018 07:48
Last Modified: 28 Dec 2018 07:48
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/17716

Actions (login required)

View Item View Item