Penerapan strategi pembelajaran question student have (QSH) pada materi sistem pertahanan tubuh untuk mengetahui hasil belajar peserta didik: penelitian pre-experiment pada kelas XI IPA SMA Negeri 1 Cibeber kab. Lebak Banten

Nisa, Intan (2014) Penerapan strategi pembelajaran question student have (QSH) pada materi sistem pertahanan tubuh untuk mengetahui hasil belajar peserta didik: penelitian pre-experiment pada kelas XI IPA SMA Negeri 1 Cibeber kab. Lebak Banten. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (499kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (547kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (614kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB)

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada studi pendahuluan di sekolah, yang menunjukan minimnya kesadaran peserta didik untuk belajar dan mengulang materi pelajaran yang disampaikan sehingga materi yang didapat dengan mudah terlupakan, di samping itu biologi dianggap pelajaran yang penuh dengan kajian-kajian ilmiah yang sulit untuk dilafalkan dan di hapalkan. Dari permasalahan yang timbul maka diperlukan adanya pemilihan strategi pembelajaran yang tepat. Salah satu yang menjadi alternatif yaitu strategi pembelajaran Question Student have (QSH). Tujuan penelitian untuk mengetahui hasil belajar peserta didik pada materi sistem pertahanan tubuh dengan menggunakan strategi Question student have (QSH). Penelitian ini menggunakan metode Pre-Experimental Design yang menggunakan satu kelas sebagai kelas eksperimen (perlakuan). Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas XI IPA SMAN 1. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu dengan teknik purposive sampling. Diperoleh sampel yaitu kelas XI IPA 1 dengan jumlah sampel sebanyak 24 peserta didik. Pengolahan data dilakukan dengan analisis komparatif dengan uji normalitas, uji Z, dan mencari nilai N-Gain. Hasil belajar kognitif peserta didik mencapai rata-rata 80.54 dengan KKM sebesar 75. Selanjutnya dilakukan analisis data, berdasarkan perhitungan pada tabel frekuensi ekspektasi untuk uji Normalitas pada Pretest dan Posttest diperoleh nilai x2 hitung pretest: 2.8893 dan dan x2 hitung posttest: 2.4180. Jika dibandingkan dengan nilai x2 tabel= 7.81 ini berarti data pretest dan posttest berdistribusi normal. Langkah selanjutnya dilakukan uji Z, maka diperoleh nilai Postest = Z hitung : -0.56 dan Z tabel : -1.65. Dalam hal ini Z hitung > - Z tabel, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dan nilai N-Gain dalam penelitian ini yaitu 0.56 termasuk dalam kategori sedang, dengan demikian dapat dikatakan bahwa penerapan strategi pembelajaran Question student have (QSH) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Question Student Have; Sistem Pertahanan Tubuh;
Subjects: Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Rasyida Rofiatun Nisa
Date Deposited: 31 Dec 2018 06:08
Last Modified: 31 Dec 2018 06:08
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/17748

Actions (login required)

View Item View Item