Mardiyah, Dian (2013) Pembuatan multimedia interaktif berorientasi terhadap keterampilan berpikir kritis pada materi polimer. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (22kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (103kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (210kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (281kB) |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (75kB) |
Abstract
Konsep-konsep kimia terdiri dari tiga aspek, yaitu mikroskopik, simbolik dan makroskopik (abstrak) akibatnya banyak siswa menganggap bahwa kimia itu sulit dipahami. Sebagian besar konsep kimia bersifat abstrak, salah satu konsep abstrak yaitu konsep polimer, dimana polimer terbentuk oleh penggabungan berulang dari banyak molekul kecil yang disebut monomer. Selain itu, polimer merupakan materi yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, dimana banyak sekali produk-produk dari polimer yang bermanfaat bagi kehidupan manusia. Siswa akan lebih mudah mempelajari konsep polimer dengan menggunakan multimedia yang memiliki suatu keterampilan yang dikembangkan. Keterampilan yang dapat dikembangkan dalam materi polimer yaitu keterampilan berpikir kritis, dengan menggunakan rangsangan dan motivasi belajar yang dibantu dengan multimedia pembelajaran, maka akan dapat meningkatkan pemahaman siswa dan keterampilannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan visualisasi, hasil validasi, serta tanggapan guru dan siswa terhadap multimedia. Subyek penelitian terdiri dari tiga orang guru kimia dan 32 orang siswa kelas XII IPA 1 SMA Pasundan Banjaran. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu angket validasi, angket tanggapan guru dan siswa terhadap multimedia. Hasil penelitian yaitu visualisasi multimedia dengan menggabungkan beberapa aspek seperti teks, suara, gambar dan animasi dalam satu perangkat lunak, keterampilan yang dikembangkan diantaranya bahasa memfokuskan pada suatu pertanyaan, mencari struktur dari suatu argumen, mengidentifikasi kriteria untuk mempertimbangkan jawaban yang mungkin, membuat generalisasi, mencari persamaan dan perbedaan. Hasil validasi multimedia menunjukkan kategori baik dengan skor rata-rata 3,76 pada semua aspek sehingga media layak digunakan dalam pembelajaran. Tanggapan guru dan siswa secara keseluruhan mendapat tanggapan positif terhadap keseluruhan aspek dengan tingkat persetujuan 89,38% bagi guru dan 96,17% bagi siswa. Pada penelitian selanjutnya dapat menambahkan elemen audio dan video dalam multimedia, serta multimedia yang dihasilkan untuk diteliti efektifitasnya terhadap hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Multimedia Interaktif; Polimer; Keterampilan Berpikir Kritis; |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Chemistry and Allied Science > Chemists |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Users 11 not found. |
Date Deposited: | 06 Jun 2016 01:53 |
Last Modified: | 27 Jun 2019 03:24 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/1781 |
Actions (login required)
View Item |