Pengaruh Financing to Deposit Ratio (FDR) dan Capital Adequacy Ratio (CAR) terhadap Return On Equity (ROE) BMT Khalifa Kiaracondong Bandung

Apriansyah, Fery (2014) Pengaruh Financing to Deposit Ratio (FDR) dan Capital Adequacy Ratio (CAR) terhadap Return On Equity (ROE) BMT Khalifa Kiaracondong Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (136kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (597kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (574kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (766kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari pemikiran bahwa Financing to Deposit Ratio (FDR) dan Capital Adequacy Ratio (CAR) berpengaruh terhadap Return On Equity (ROE) di BMT Khalifa Kiaracondong Bandung. Hal tersebut semakin diperkuat dengan melihat data rasio keuangan BMT Khalifa yang selalu fluktuatif diantara FDR dan CAR yang diikuti berubahnya nilai ROE. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian seberapa besar pengaruh FDR dan CAR terhadap ROE pada BMT Khalifa Kiaracondong. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh FDR secara parsial terhadap ROE, pengaruh CAR secara parsial terhadap ROE, dan pengaruh FDR dan CAR secara simultan terhadap ROE. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dan kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari Laporan Tahunan BMT Khalifa Kiaracondong Bandung periode 2009 sampai 2013. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi, korelasi, dan koefisien determinasi, uji t-statistik, F-statistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa FDR secara parsial berpengaruh tidak signifikan terhadap ROE sebesar 0,352 dengan melihat tabel interval koefisien tingkat hubungannya rendah. Sedangkan CAR secara parsial berpengaruh tidak signifikan terhadap ROE sebesar 0,527 dengan melihat tabel interval koefisien tingkat hubungannya sedang. Secara simultan FDR dan CAR berpengaruh signifikan terhadap ROE sebesar 0,527 dengan melihat tabel interval koefisien tingkat hubungannya sedang. Jika mengacu kepada tingkat koefisien determinasi atau besarnya kontribusi apabila ditentukan dengan nilai tingkat signifikannya sebesar 5%. Maka hasilnya menunjukkan bahwa FDR dan CAR berpengaruh signifikan terhadap ROE dengan tingkat signifikannya sebesar 27,8% dan sisanya sebesar 72,2% dipengaruhi oleh faktor lain yaitu rasio likuiditas, rasio leverage, rasio aktivitas, rasio profitabilitas, rasio pertumbuhan dan rasio penilaian yang tidak dimasukkan ke dalam model penelitian. Selama periode pengamatan menunjukkan bahwa data penelitian tidak ditemukan variabel yang menyimpang dari SPSS, hal ini menunjukkan bahwa data yang tersedia telah memenuhi syarat untuk menggunakan model persamaan regresi linier berganda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Baitul Maal Wa at-Tamwil (BMT); FDR; CAR dan ROE;
Subjects: General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Rasyida Rofiatun Nisa
Date Deposited: 04 Jan 2019 02:45
Last Modified: 04 Jan 2019 02:45
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/17820

Actions (login required)

View Item View Item