Penerapan model pembelajaran Active Knowledge Sharing (AKS) dalam upaya meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada materi elastisitas bahan

Humannisa, Hana Hanifa (2015) Penerapan model pembelajaran Active Knowledge Sharing (AKS) dalam upaya meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada materi elastisitas bahan. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (507kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)

Abstract

Hasil observasi yang dilakukan di SMK BWU Talaga-Majalengka di kelas X Teknik Kendaraan Ringan dan hasil wawancara dengan guru guru mata pelajaran fisika kelas X menyatakan bahwa rata-rata nilai hasil belajae kognitif peserta didik masih kurang dikarenakan, proses pembelajaran masih menggunakan metode ceramah dan berpusat pada guru, sehingga peserta didik tidak berpartisipasi aktif dalam pembelajaran. Model pembelajaran yang dapat dijadikan alternatif untuk masalah tersebut adalah model pembelajaran Active Knowledge Sharing (AKS) yang dikembangkan oleh Mel Silbermen 2009. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran Active Knowledge Sharing (AKS) dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik kelas X TKR SMK BWU Talaga-Majalengka, dengan menerapkan model pembelajaran Active Knowledge Sharing (AKS) pada materi elastisitas bahan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre-eksperimen dan desain yang digunakan adalah one-group pretest-postest design. Penelitian ini dilakukan di kelas X Teknik Kendaraan Ringan (TKR) SMK BWU Talaga-Majalengka. Teknik penarikan sampelnya menggunakan Simple Random Sampling dan yang dijadikan sampel adalah kelas X Teknik Kendaraan Ringan (TKR) yang berjumlah 26 orang. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran aktivitas guru dan peserta didik, serta tes berbentuk tes uraian berjumlah 10 soal. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik, dengan memperoleh hasil pengolahan data nilai rata-rata Pretest 38,85%, nilai Posttest 90,67% dan memiliki nilai rata-rata N-Gain 0,85 dengan kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Active Knowledge Sharing (AKS); Hasil Belajar Kognitif Siswa; Elastisitas Bahan;
Subjects: Physics > Data Processing and Analysis of Physics
Physics > Research and Statistical Methods of Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Rasyida Rofiatun Nisa
Date Deposited: 04 Jan 2019 04:57
Last Modified: 04 Jan 2019 04:57
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/17830

Actions (login required)

View Item View Item