Dakwah di media sosial: analisis isi kualitatif pada channel Youtube Akhyar TV milik Ust. Adi Hidayat, Lc.,MA

Maulana, Ilham (2018) Dakwah di media sosial: analisis isi kualitatif pada channel Youtube Akhyar TV milik Ust. Adi Hidayat, Lc.,MA. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK SKRIPSI.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi Ilham.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (718kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (830kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB)

Abstract

Dakwah adalah menyeru umat manusia kepada suatu kebaikkan yang ada tujuan tertentu untuk lebih baik. Seiring berkembang zaman, dakwah tidak hanya sekedar ceramah diatas mimbar saja tetapi saat ini dakwah dapat dilakukan melalui media dakwah I’lamyaitu media sosial. Media sosial Youtube adalah salah satu media sosial yang dijadikan media dakwah para Ustadz/Ustadzah agar dakwahnya menyebar luas. Dengan fitur mengunggah video menjadikan media sosial ini digandrungi pendakwah maupun vlogger untuk mengunggah aktivitas maupun pekerjaan mereka. Ust. Adi Hidayat seorang pendakwah yang memanfaatkan kecanggihan teknologi ini dengan membuat Akun channel Youtube untuk membantu kegiatan dakwah beliau. Video ceramah yang di unggah nya adalah mengenai masalah kehidupan umat zaman ini dari berbagai aspek Fiqh, Akhlak, Aqidah, dan Qur’an Sunnah sebagai solution. Dengan cara demikian dakwah akan mudah untuk diterima disemua kalangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran admin sebagai da’i dalam akun Youtube Akhyar TV, metode dakwah dan pesan dakwah yang disampaikan oleh akun Youtube Akhyar TV.Penelitian ini diadakan untuk mengetahui Dakwah melalui Media Sosial yang mencakup peran da’i, mad’u, metode, pesan, dan media dakwah. Untuk mendalami penelitian ini menggunakan teori citra da’i sumber buku “Dasar-dasar Ilmu Dakwah” karya (Enjang AS dan Aliyudin, 2009) dan teori S-M-R-C Berlo sumber buku “Pengantar Ilmu Komunikasi” karya (Deddy Mulyana, 2013) untuk menjawab semua permasalahan yang ada dalam penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis isi. Metode ini digunakan untuk menganalisis, menguraikan, memahami, dan menjelaskan tentang Fenomena Dakwah di Media Sosial. Sedangkan langkah penelitian sebagai berikut: menentukan metode penelitian, menentukan mengumpulkan data, dan menganalisis data untuk memperoleh hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran admin adalah sebagai pengurus yang mengatur Dakwah di Media Sosial Ust. Adi Hidayat sebagai da’i. Da’i dalam akun Akhyar TV merupakan pengingat akan perbaikan akhlak serta pola hidup sesuai tuntunan Qur’an dan hadist agar lebih baik. Sebagai motivasi untuk orang lain agar ikut berkontribusi dalam dakwah Islam. Metode dakwah yang digunakan adalah metode video, metode tulisan, dan dengan metode diskusi atau kajian. Sedangkan pesan dakwah yang disampaikannya bersumber dari Al-Qur’an dan As-Sunnah. Pesan dakwahnya terbagi atas pesan dakwah Aqidah, Fiqh, dan Akhlak. Pesan dakwah yang paling banyak di unggah oleh Akun Akhyar TV adalah pesan Akhlak dan Aqidah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Dakwah di Media Sosial; Chanel Youtube Akhyar;
Subjects: Islam > Da'wah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ilham Maulana Nono
Date Deposited: 04 Jan 2019 08:17
Last Modified: 04 Jan 2019 08:17
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/17848

Actions (login required)

View Item View Item