Pengaruh bagi hasil deposito mudharabah dan pendapatan pembiayaan murabahah terhadap Net Profit Margin (NPM) PT. BPRS PNM Mentari Garut

Hilmi, Muhammad (2014) Pengaruh bagi hasil deposito mudharabah dan pendapatan pembiayaan murabahah terhadap Net Profit Margin (NPM) PT. BPRS PNM Mentari Garut. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (403kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)

Abstract

Deposito mudharabah menjadi salah satu instrument pendanaan BPRS PNM Mentari Garut dan pembiayaan murabahah menjadi instrumen pembiayaannya. Memberikan tingkat bagi hasil deposito mudharabah yang kompetitif menjadi salah satu hal yang bank lakukan untuk menarik nasabah hal ini terbukti dengan tingkat bagi hasil deposito mudharabah yang terus meningkat, dengan rata-rata rasio bagi hasil sebesar 6,24 % periode 2010-2013 dan pendapatan bank melalui pembiayaan murabahahpun meningkat sebesar 6,241 % per periode 2010-2013. Di sisi lain rasio profitabilitas BPRS periode 2010-2014 yang dalam penelitian ini diwakili oleh Net Profit Margin (NPM) berada pada nilai rata-rata rasio sebesar 24,055%.Skripsi ini ingin mengukur pengaruh bagi hasil deposito mudharabah dan pendapatan pembiayaan murabahah terhadap NPM BPRS PNM Mentari Garut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh bagi hasil deposito mudharabah secara parsial terhadap NPM, pengaruh pendapatan pembiayaan murabahah secara parsial terhadap NPM, dan pengaruh bagi hasil deposito mudharabah dan pendapatan pembiayaan murabahah secara simultan terhadap NPM. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari laporan keuangan pertriwulan PT. BPRS PNM Mentari Garut periode 2010 sampai 2013. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi, korelasi, dan koefisien determinasi, uji t-statistik, F-statistik dilengkapi uji asumsi klasik. Hasil penelitian pengaruh bagi hasil deposito mudharabah dan pendapatan pembiayaan murabahah terhadap NPM secara parsial dari hasil uji t menunjukkan bahwa besarnya thitung adalah -0,340. Karena thitung ≤ ttabel, -0,340 ≤ 2,145 artinya bagi hasil deposito mudharabah terbukti tidak berpengaruh signifikan terhadap NPM, sedangkan hasil uji t pendapatan pembiayaan murabahah terhadap NPM thitung adalah 2,257. Sehingga thitung ≥ ttabel, 2,257 ≥ 2,145, artinya pendapatan pembiayaan murabahah berpengaruh signifikan terhadap NPM. Bagi hasil deposito mudharabah dan pendapatan pembiayaan murabahah secara semultan berpengaruh signifikan terhadap NPM dengan hasil uji Fhitung adalah 4,47. Sehingga Fhitung ≥ Ftabel, 4,47 ≥ 3,81.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bagi Hasil Deposito Mudharabah; Pendapatan Pembiayaan Murabahah; NPM;
Subjects: General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Rasyida Rofiatun Nisa
Date Deposited: 06 Jan 2019 06:17
Last Modified: 06 Jan 2019 06:17
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/17860

Actions (login required)

View Item View Item