Rancang bangun prototipe monitoring tegangan perangkat di menara telekomunikasi menggunakan SMS gateway berbasis arduino atmega 328p-pu

Fidini, Mustaqim (2014) Rancang bangun prototipe monitoring tegangan perangkat di menara telekomunikasi menggunakan SMS gateway berbasis arduino atmega 328p-pu. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (584kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (950kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (754kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (907kB)
[img] Text (BAB VI)
9_bab6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB)

Abstract

Menara Telekomunikasi setiap operator telekomunikasi biasanya berada di lokasi yang tidak dijaga 24 jam oleh petugas. Situasi ini akan menyebabkan gangguan bila ada penurunan tegangan yang ada di perangkat menara dan kurangnya kontrol terhadap situasi dan kondisi di lokasi. Oleh karena itu diperlukan monitoring informasi penurunan tegangan yang terintegrasi sehingga situasi dan kondisi di menara dapat dikontrol dan diketahui dari jarak jauh. Pada penelitian ini, akan dibuat sebuah alat pengontrol tegangan secara otomatis. Sistem otomatis tegangan ini menggunakan pulse width modulation (PWM) untuk mengatur intensitas cahaya berbasis Arduino Uno. Alat ini berfungsi untuk mengecek sensor dan kapan tegangan turun dengan output tampilan dari Arduino Uno menggunakan LCD Display. Perancangan alat ini meliputi perancangan hardware dan perancangan program. Perancangan hardware diantaranya meliputi rangkaian Arduino Uno, rangkaian sensor, rangkaian LCD dan rangkaian catu daya. Perancangan program diantaranya meliputi program menampilkan Voltmeter pada LCD, program pengaturan keluaran PWM, program Wavecom dan program processing. Pengujian yang dilakukan meliputi pengujian rangkaian, pengujian konektivitas, pengujian validitas dan pengujian efisiensi. Hasil pengujian sistem ini menunjukkan bahwa alat berhasil menampilkan Voltmeter dan mengirim SMS, dengan tingkat keberhasilan 100% dari 3 kali skenario percobaan. Pada keadaan ruangan gelap, nilai output tegangannya 1.64-1.74 Volt. Pada ruangan redup nilai output tegangannya 1.99-2.02 Volt maka sistem akan mengirim sms melalui Wavecom dan akan ditampilkan melalui Hyperterminal, sedangkan pada ruangan terang sms tidak akan dikirim karena nilai terendah berada pada kisaran 4.14-4.27 Volt.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Monitoring Tegangan; Menara Telekomunikasi; SMS Gateway; PWM; Arduino
Subjects: Applied Physics > Electrical Engineering
Applied Physics > Magnetic Engineering, Electromagnets
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Teknik Elektro
Depositing User: Rasyida Rofiatun Nisa
Date Deposited: 06 Jan 2019 06:57
Last Modified: 28 Jun 2022 04:28
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/17861

Actions (login required)

View Item View Item