Pengaruh jumlah tabungan mudharabah terhadap tingkat Return On Assets (ROA) pada Bank Pembiayaan Rakyat Syari’ah (BPRS) Al-Wadi’ah Tasikmalaya

Bahri, Samsul (2014) Pengaruh jumlah tabungan mudharabah terhadap tingkat Return On Assets (ROA) pada Bank Pembiayaan Rakyat Syari’ah (BPRS) Al-Wadi’ah Tasikmalaya. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (344kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB)

Abstract

Sumber Dana merupakan hal terpenting bagi bank untuk dapat meningkatkan jumlah kredit atau pembiayaan yang akan dilempar ke masyarakat. Dalam memberikan kredit atau pembiayaan, sektor perbankan memerlukan ketersediaan sumber dana. Semakin banyak dana yang dimiliki oleh bank, maka akan semakin besar peluang bank untuk menjalankan fungsinya. Dana-dana yang dimaksud meliputi dana yang bersumber dari bank itu sendiri, dana yang bersumber dari lembaga lainnya, dan dana yang bersumber dari masyarakat baik yang berupa Tabungan maupun Deposito. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui Jumlah Tabungan Mudharabah, (2) Untuk mengetahui Tingkat Return On Assets, (3) Untuk menjelaskan pengaruh Jumlah Tabungan Mudharabah terhadap Tingkat Return On Assets (ROA). Penelitian ini dilakukan di PT. BPRS Al-Wadi’ah Tasikmalaya. Dana pihak ketiga (DPK) baik yang berupa Tabungan maupun Deposito merupakan salah satu sumber dana terbesar yang diperoleh dari masyarakat. Bank dapat memanfaatkan dana dari pihak ketiga ini untuk menghasilkan pendapatan bagi bank, salah satunya yaitu dalam bentuk pembiayaan. Peningkatan dana pihak ketiga akan mengakibatkan pertumbuhan pembiayaan yang besar pula sehingga profitabilitas baik yang berupa Return On Assets maupun Return On Equity bank akan meningkat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis kuantitatif dengan menggunakan data historis berupa data time series. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah adalah Regresi Linier Sederhana, Uji Pearson Product Moment, Uji Koefisien Determinan (R), dan Uji t, yang diolah dengan menggunakan Program SPSS 16.0. Hubungan antara Tabungan Mudharabah dengan Return On Assets (ROA) adalah sebesar 0,67 dengan arah negatif, berdasarkan hasil perhitungan, diperoleh nilai koefisien determinasi sebesar 0,451 atau sebesar 45,07% dan sisanya 54,97% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang mempengaruhi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh negatif antara Tabungan Mudharabah terhadap Return On Assets (ROA), artinya bahwa ketika Jumlah Tabungan Mudharabah di BPRS Al-Wadi’ah Tasikmalaya meningkat, maka Return On Assets (ROA) akan turun sebesar -9,4%. Begitupun sebaliknya, apabila Tabungan Mudharabah menurun maka rasio Return On Assets (ROA) akan meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: tabungan mudharabah; Return On Assets (ROA);
Subjects: General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Rasyida Rofiatun Nisa
Date Deposited: 07 Jan 2019 08:07
Last Modified: 07 Jan 2019 08:07
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/17891

Actions (login required)

View Item View Item