Pengaruh jumlah pembiayaan yang disalurkan terhadap Financing to Deposit Ratio (FDR) di Bank Syariah Mandiri KCP Surapati Bandung

Mulyati, Tati (2014) Pengaruh jumlah pembiayaan yang disalurkan terhadap Financing to Deposit Ratio (FDR) di Bank Syariah Mandiri KCP Surapati Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (353kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (687kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (689kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)

Abstract

Berdasarkan survei Bank Indonesia, selama tahun 2007 secara umum permintaan masyarakat terhadap pembiayaan perbankan mengalami peningkatan. Faktor utama yang mendorong meningkatnya permintaan adalah peningkatan kebutuhan pembiayaan. Untuk mencapai pembiayaan yang sehat, maka bank harus memperhatikan tingkat likuiditas karena tingkat likuiditas ini akan berpengaruh terhadap banyaknya pembiayaan yang disalurkan oleh bank syariah. Dan salah satu ukuran yang dipakai oleh Bank Indonesia untuk mengukur tingkat likuiditas dengan mengukur Financing to Deposit Ratio (FDR) yang merupakan indikator tingkat kesehatan bank syariah. Berdasarkan pernyataan diatas penulis membuat rumusan masalah yaitu: bagaimana perkembangan jumlah pembiayaan yang disalurkan di Bank Syariah Mandiri Kcp Surapati Bandung, bagaimana kondisi Financing to Deposit Ratio (FDR) di Bank Syariah Mandiri Kcp Bandung, dan seberapa besar pengaruh jumlah pembiayaan yang disalurkan terhadap Financing to Deposit Ratio (FDR) di Bank Syariah Mandiri Kcp Surapati Bandung. Kerangka berpikir dalam penelitian ini adalah semakin banyak jumlah pembiayaan yang disalurkan, maka akan diikuti meningkatnya Financing to Deposit Ratio (FDR) yang diperoleh bank itu sendiri. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif-analisis-kuantitatif dengan menggunakan data historis berupa data time seris (atau berdasarkan tahapan waktu kronologis) yakni berupa data perbulan. Sedangkan analisis digunakan melalui pendekatan kuantitatif dengan metode statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana, korelasi, koefesien determinasi, serta pengujian hipotesis menggunakan uji t dan pengolahan data dibantu dengan software SPSS 13. Berdasarkan hasil penelitian maka diperoleh persamaan regresi Y=81,933+1,781 X, dengan nilai koefesien korelasi sebesar r=0,555, yang berarti terdapat hubungan yang sedang antara jumlah pembiayaan terhadap Financing to Deposit Ratio (FDR) bersifat positif, selanjutnya dilihat dari koefesien determinasi jumlah pembiayaan yang disalurkan memberikan pengaruh sebesar 30,8%. Dan dari Uji Hipotesis atau statistik t menghasilkan t hitung sebesar 3,890 dan t tabel sebesar 2,032, ini menunjukan terdapat pengaruh yang signifikan antara jumlah pembiayaan terhadap Financing to Deposit Ratio (FDR) di Bank Syariah Mandiri KCP Surapati Bandung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: jumlah pembiayaan; Financing to Deposit Ratio (FDR);
Subjects: General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Rasyida Rofiatun Nisa
Date Deposited: 08 Jan 2019 02:49
Last Modified: 08 Jan 2019 02:49
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/17899

Actions (login required)

View Item View Item