Efektivitas penerapan manajemen keuangan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) dalam peningkatan kinerja pelayanan PUSKESMAS Ciparay Kabupaten Bandung

Al Ghany, Muhamad (2018) Efektivitas penerapan manajemen keuangan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) dalam peningkatan kinerja pelayanan PUSKESMAS Ciparay Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (369kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (521kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB) | Request a copy

Abstract

Pembangunan kesehatan diarahkan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya. Puskesmas Ciparay Kabupaten Bandung adalah fasilitas pelayanan kesehatan ujung tombak pelayanan kesehatan. Pelaksanaan pelayanan kesehatan membutuhkan manajemen puskesmas yang terpadu, dan berkesinambungan agar menghasilkan kinerja puskesmas yang efektif dan efisien berupa sumber daya manusia, sarana prasarana dan anggaran dengan Penerapan Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). Permasalahan dalam penelitian ini yaitu kurang efektifnya penerapan manajemen keuangan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) di Puskesmas Ciparay Kabupaten Bandung dalam meningkatkan kinerja pelayanan puskesmas, variabel Pelayanan Kesehatan dalam Penilaian Kinerja Puskesmas masih katagori cukup. Penerapan Pola Pengelolaan Keuangan BLUD bisa dikatakan efektif apabila telah memenuhi delapan kriteria dalam mengukur efektivitas suatu program sesuai dengan teorinya Siagian yaitu : kejelasan tujuan, kejelasasan strategi pencapaian tujuan, Proses analisa dan perumusan kebijakan yang mantap, perencanaan yang matang, penyusunan program yang tepat, tersedianya sarana dan prasarana kegiatan, pelaksanaan yang efektif dan efisien , pengawasan dan pengendalian. Penelitian ini menggunakan metoda penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, study dokumentasi dan triagulasi. Pihak-pihak yang dijadikan informan dalam penelitian ini adalah pihak Unit Pelaksana Teknis Pelayanan Kesehatan (UPT Yankes) Ciparay , Kepala UPT Yankes Ciparay dan Kepala Puskesmas Ciparay. Hasil penelitian menunjukan penerapan pola pengelolaan keuangan BLUD telah berjalan efektif . Total Penilaian Kinerja Puskesmas Kategori Baik, namun demikian untuk lebih meningkatkan kinerja pelayanan di Puskesmas Ciparay harus dilakukan penataan kepegawaian baik dari segi kuantitas dan kopetensi, penataan kelembagaan serta sosialisasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Efektifitas; Pelayanan Kesehatan; Pola Pengelolaan Keuangan BLUD;
Subjects: General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: muhamad al ghany
Date Deposited: 08 Jan 2019 08:01
Last Modified: 08 Jan 2019 08:01
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/17906

Actions (login required)

View Item View Item