Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe everyone is a teacher here dalam upaya meningkatkan penguasaan konsep siswa pada materi besaran dan satuan

Aisah, Yiyis (2014) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe everyone is a teacher here dalam upaya meningkatkan penguasaan konsep siswa pada materi besaran dan satuan. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (464kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (481kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB)

Abstract

Penguasaan konsep merupakan bagian dari hasil dalam komponen pembelajaran konsep, prinsip, struktur pengetahuan dan pemecahan masalah belajar kognitif yang bertujuan untuk mengubah pemahaman siswa tentang konsep yang dipelajari. Oleh karena itu, penguasaan konsep perlu dikuasai siswa. Berdasarkan hasil studi pendahuluan di SMPN 30 Bandung, nilai rata-rata ulangan harian dalam pelajaran fisika masih tergolong rendah. Pembelajaran yang monoton membuat siswa cenderung pasif, sehingga proses penguasaan konsep siswa menjadi kurang berkembang. Salah satu alternatif yang dapat digunakan dalam meningkatkan penguasaan konsep siswa adalah model pembelajaran kooperatif tipe everyone is a teacher here. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe everyone is a teacher here pada materi besaran dan satuan, peningkatan penguasaan konsep pada materi besaran dan satuan, dan tanggapan siswa setelah proses pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dengan menggunakan desain pretest and posstest group. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII I SMPN 30 Bandung dengan teknik pengambilan sampel simple random sampling. Data keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa diperoleh melalui lembar observasi, data penguasaan konsep siswa diperoleh melalui tes uraian, dan data tanggapan siswa diperoleh melalui lembar angket. Hasil penelitian selama tiga kali pertemuan menunjukkan peningkatan aktivitas guru dan siswa setiap pertemuannya dengan rata-rata 90,33% yang termasuk pada kategori sangat baik, terdapat peningkatan penguasaan konsep siswa pada materi besaran dan satuan dengan peningkatan sebesar 0,75 yang termasuk pada kategori tinggi. Selain itu, dari hasil tanggapan siswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipe everyone is a teacher here, terdapat tanggapan paling banyak setuju sebesar 60,58%. Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif tipe everyone is a teacher here dapat dijadikan sebagai alternatif dalam meningkatkan penguasaan konsep terhadap siswa pada materi besaran dan satuan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Everyone is a teacher here; penguasaan kosep; besaran dan satuan;
Subjects: Physics > Data Processing and Analysis of Physics
Physics > Research and Statistical Methods of Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Rasyida Rofiatun Nisa
Date Deposited: 08 Jan 2019 03:55
Last Modified: 08 Jan 2019 03:55
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/17907

Actions (login required)

View Item View Item