Pengaruh implementasi undang-undang no 35 tahun 2014 tentang perlindungan anak terhadap penanganan anak terlantar di Kabupaten Bandung

Putri, Adinda Nabila (2018) Pengaruh implementasi undang-undang no 35 tahun 2014 tentang perlindungan anak terhadap penanganan anak terlantar di Kabupaten Bandung. Diploma thesis, Uin Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (561kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (738kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (683kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (871kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB) | Request a copy

Abstract

Sejak di berlakukannya Undang-undang No 35 tahun 2014 tentang perlindungan anak, pemerintah mengharapkan agar dengan adanya Undang-Undang tersebut mampu berjalan efektif sehingga memberikan kontribusi besar terhadap penanganan anak terlantar. Undang-Undang tersebut berlaku disetiap daerah khususnya di Kabupaten Bandung. Akan tetapi kenyataannya dengan diberlakukannya UU tersebut belum dirasa efektif pada daerah Kabupaten Bandung. Adapun ketidak efektifan UU No 35 tahun 2014 di Kabupaten Bandung ini, terlihat pada penanganan anak terlantar di Kabupaten Bandung pada tahun 2012 hingga 2015 masih kurang optimal. Berdasarkan observasi dilapangan, penyebab dari tidak efektifnya penanganan anak terlantar di Kabupaten bandung tersebut adalah kurangnya informasi dari pemerintah terhadap anak terlantar mengenai penanganan anak terlantar, kurang optimalnya penanganan anak terlantar dan pemerintah hanya terfokus terhaadap anak terlantar yang ada di panti sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh standar dan sasaran kebijakan; sumber daya; komunikasi antar organisasi dan penguatan aktivitas; karakteristik agen pelaksana; kondisi sosial; ekonomi; dan politik; dan disposisi implementator terhadap Efektivitas Penanganan Anak Terlantar di Kabupaten Bandung. Penulis mengunakan teori Implementasi Kebijakan dari Van Meter dan Van Horn yang dapat diukur melalui standar dan sasaran kebijakan; sumber daya; komunikasi antar organisasi dan penguatan aktivitas; karakteristik agen pelaksana; kondisi sosial; ekonomi; dan politik; dan disposisi implementator. Sedangkan Efektivitas menggunakan teori dari Makmur yang mengemukakan efektivitas melalui ketepatan penentuan waktu, ketepatan perhitungan biaya, ketepatan dalam pengukran, ketepatan dalam menentukan pilihan, ketepatan dalam berfikir, ketepatan dalam melakukan perintah, ketepatan dalam melakukan tujuan, dan ketepatan sasaran. Metode penelitian ini menggunakan metode asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancar penyebaran kuisioner kepada 22 responden. Pengujian statistik yang digunakan adalah pengujian validitas, pengujian reliabelitas, analisis regresi berganda, analisis uji parsial (uji t), analisis uji simultan (uji f) dan analisis koefisien determinasi. Berdasakan hasil penelitian Standar dan sasaran kebijakan (X1) sumber daya (X2), komunikasi antar organisasi dan penguatan aktivitas (X3), karakteristik agen pelaksana (X4), berpengaruh positif dan signifikan terhadap efektivitas penanganan anak terlantar. Selain itu untuk kondisi sosial, ekonomi, dan politik (X5), disposisi implementator (X6) tidak berpengaruh terhadap efektifitas penanganan anak terlantar. Adapun enam dimensi tersebut memperoleh R Square sebesar 0,920 atau 84,6%. sedangkan sisanya 15,4% efektivitas dipengaruhi oleh faktor atau variabel lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Kebijakan; Undang-Undang; Efektivitas; Anak Terlantar;
Subjects: Political dan Government Science > Structure and Functions of Government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Adinda Nabila Putri
Date Deposited: 08 Jan 2019 04:31
Last Modified: 08 Jan 2019 04:31
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/17908

Actions (login required)

View Item View Item