Analisis perbandingan Bank Syariah dan Bank konvensional periode 2008-2014

Alim, Zainul (2015) Analisis perbandingan Bank Syariah dan Bank konvensional periode 2008-2014. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (477kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (662kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengukuran efisiensi perbankan di Indonesia yang hanya menggunakan pendekatan rasio dan pendekatan regresi, namun pengukuran efisiensi menggunakan teknik ini memiliki keterbatasan dalam variabel input dan output yang digunakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur efisiensi dan menganalisa perbandingan efisiensi antara bank syariah dengan bank konvensional selama periode 2008-2014. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif deskriptif dan metode kuantitatif verifikatif. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif yang berupa data sekunder, data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang dikumpulkan dari laporan keuangan yang diterbitkan oleh Bank Indonesia. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan mengambil sampel 4 (empat) bank Syariah dan 9 (sembilan) bank konvensional. Pengukuran efisiensi dalam penelitian ini menggunakan Data Envelopment Analysis (DEA) dengan pendekatan intermediasi. Variabel ini yang digunakan dalam penelitian ini adalah Aset Tetap, Simpanan, dan Biaya Operasional Lainnya, sedangkan variabel output-nya adalah pembiayaan/kredit. Untuk mengetahui perbedaan efisiensi antara bank konvensional dan bank Syariah, penelitian ini menggunakan uji beda non-parametrik Mann-Whitney U Test, Wilcoxon Signed-Rank Test, dan Chi Square untuk mengetahui tingkat signifikansi perbedaan tersebut. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan efisiensi yang bermakna antara Bank Syariah dan Bank Konvensional. Berdasarkan perhitungan rata-rata peringkat dengan selisih peringkat rata-rata sebesar 1,47, apabila dilihat dari perhitungan Mann-Whitney Test dan Wilcoxon Signed-Rank Test didapat nilai sebesar P Value sebesar 0,796 atau P Value > 0,05, serta perhitungan Chi Square didapat nilai sebesar 0,674 yang mengindikasikan dari ketiga uji tersebut tidak terdapat perbedaan yang bermakna antara efisiensi bank Syariah dan bank konvensional selama periode 2008-2014.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Mann-Whitney Test; Wilcoxon Signed-Rank Test; Chi Square; Test Non-Parametric Test; Aset Tetap; Simpanan; Pembiayaan; Kredit; Bank Syariah; Bank Konvensional;
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Rasyida Rofiatun Nisa
Date Deposited: 08 Jan 2019 05:54
Last Modified: 08 Jan 2019 05:54
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/17914

Actions (login required)

View Item View Item