Wahyu, Ade (2014) Pembelajaran predict, observe, explain berbantuan media simulasi interaktif untuk mengembangkan kemampuan tiga level representasi siswa pada konsep kesetimbangan kelarutan: penelitian kelas terhadap siswa kelas XI IPA 5 di SMA Negeri 2 Subang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (179kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (103kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (125kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (113kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (423kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (593kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (458kB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (121kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (220kB) |
Abstract
Kesetimbangan kelarutan merupakan salah satu konsep yang pemahamannya mencakup representasi makroskopik, submikroskopik, dan simbolik. Siswa seharusnya mempunyai kemampuan yang seimbang pada ketiga level representasi kimia. Perkembangan kemampuan representasi siswa pada konsep kesetimbangan kelarutan dapat dilakukan melalui penerapan pembelajaran POE berbantuan media simulai interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas siswa selama proses pembelajaran, mengukur kemampuan tiga level representasi siswa dalam menyelesaikan LKS pada setiap tahapan pembelajaran, dan mengukur kemampuan tiga level representasi siswa setelah selesai pembelajaran. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kelas, dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas XI IPA 5 di SMA Negeri 2 Subang sebanyak 41 siswa. Instrumen yang digunakan diantaranya lembar observasi aktivitas siswa, lembar kerja siswa, dan soal tes penguasaan konsep. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa selama proses pembelajaran terlaksana sangat baik. Kemampuan representasi siswa dalam menyelesaikan LKS pada tahap pembelajaran secara keseluruhan sudah baik, hal ini terlihat dari hasil kinerja siswa pada setiap tahap pembelajaran yaitu tahap predict (baik), tahap observe (sangat baik), dan tahap explain (baik). Kemampuan tiga level representasi siswa setelah pembelajaran secara keseluruhan sudah baik. Berdasarkan penelitian ini, siswa harus mulai membiasakan menghubungkan kemampuan representasi kimia pada setiap konsep kimia yang dipelajari, dan bagi pendidik harus dapat menggunakan metode dan media pembelajaran yang tepat dalam mengembangkan kemampuan representasi siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain); Media Simulasi Interaktif; Representasi Kimia; Kesetimbangan Kelarutan; |
Subjects: | Chemistry and Allied Science > Data Processing and Analysis of Chemistry Chemistry and Allied Science > Research and Statistical Methods of Chemistry Analytical Chemistry > Qualitative Analysis, Quantitavie Analysis of Chemistry |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Rasyida Rofiatun Nisa |
Date Deposited: | 10 Jan 2019 06:39 |
Last Modified: | 10 Jan 2019 06:39 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/17949 |
Actions (login required)
View Item |