Penerapan model pembelajaran Predic Observe Explain (POE) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi suhu dan pengukurannya

Pratiwi, Arum (2014) Penerapan model pembelajaran Predic Observe Explain (POE) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi suhu dan pengukurannya. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (608kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (536kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB)

Abstract

Hasil Belajar siswa pada mata pelajaran fisika khususnya pada materi suhu dan pengukurannya pada kelas VII SMPN 1 Sukanagara masih tergolong sangat rendah, hal ini terbukti dari nilai rata-rata ulangan harian fisika yang masih di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 65. Permasalahannya adalah siswa kurang memahami karena tidak ikut terlibat dalam menemukan sebuah konsep melainkan menerima materi dari guru sehingga siswa merasa jenuh dan kurang termotivasi untuk belajar fisika. Guru kurang inovatif dalam memilih model dan metode yang baik dan sesuai dengan materi yang akan diajarkan yang dapat memotivasi siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat memotivasi siswa adalah model pembelajaran Predic Observe Explain (POE). Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui keterlaksanaaan pembalajaran menggunakan penerapan model pembalajaran Predic Observe Explain (POE) pada materi suhu dan pengukurannya, dan (2) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Predic Observe Explain (POE). Metode yang digunakan adalah metode semu (pre eksperimen). Populasi seluruh siswa kelas VII yang berjumlah sepuluh kelas dengan teknik pengambilan sampel yaitu random sampling dimana sempel yang diambil adalah kelas VII-C sebanyak 30 siswa. Data mengenai keterlaksanaan model pembelajaran Predic Observe Explain POE diperoleh melalui lembar observasi observasi yang di dalamnya ada aktivitas guru dan siswa, sedangkan data hasil belajar diperoleh menggunakan tes tertulis. Dari hasil penelitian, data yang diperoleh: (1) keterlaksanaan model pembelajaran Predic Observe Explain (POE) dari setiap pertemuannya mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukan peningkatan rata-rata keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa dari pertemuan ke-1 sampai dengan ke-3. Rata-rata aktivitas guru dan siswa adalah 83,4% dan 85,3% dengan kategori baik, (2) terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan N-gain 0,75 dengan kategori sedang dan berdasarkan perhitungan didapat nilai z-hitung = 4,8 Pada taraf signifikansi 0.05 besarnya nilai z-tabel = 1,64. Dari data tersebut menunjukan bahwa nilai z-hitung lebih besar dari nilai z-tabel (z-hitung > z-tabel) maka terdapat peningkatan hasil belajar pada materi suhu dan pengukurannya

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran POE; hasil belajar siswa; suhu dan pengukurannya;
Subjects: Physics > Data Processing and Analysis of Physics
Physics > Research and Statistical Methods of Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Rasyida Rofiatun Nisa
Date Deposited: 10 Jan 2019 07:58
Last Modified: 10 Jan 2019 07:58
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/17956

Actions (login required)

View Item View Item