Penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Pair Check untuk meningkatkan hasil belajar kognitif pada Mata Pelajaran Fiqih Materi Shalat Jum’at: Penelitian tindakan kelas di Kelas IV MI Cahaya Kota Cimahi

Zanah, Astri Nur (2018) Penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Pair Check untuk meningkatkan hasil belajar kognitif pada Mata Pelajaran Fiqih Materi Shalat Jum’at: Penelitian tindakan kelas di Kelas IV MI Cahaya Kota Cimahi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (214kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya permasalahan yang terdapat pada pembelajaran fiqih di MI Cahaya Kota Cimahi khususnya di kelas IV, bahwa hasil belajar kognitif siswa masih kurang, terlihat dari nilai tes siswa yang masih banyak mendapat nilai dibawah KKM. Salah satu fakotrnya, disebabkan selama proses pembelajaran guru menggunakan model pembelajaran yang bersifat konvensional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe pair check dapat meningkatkan hasil belajar kognitif pada mata pelajaran fiqih materi Shalat Jum’at. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa hasil belajar siswa ditentukan oleh banyak faktor salah satunya penerapan model yang tepat, termasuk model pembelajaran kooperatif tipe pair check. Berdasarkan asumsi tersebut maka hipotesis yang diajukan adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe pair check diduga dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Model pembelajaran koperatif tipe pair check terdiri dari tujuh tahapan pembelajaran, yaitu: bekerja berpasangan, pembagian partner dan pelatih, pelatih memberi soal dan partner menjawab, pengecekan jawaban, penyimpulan, evaluasi, refleksi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dengan tahapan meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan observasi. Dilengkapi dengan instrumen berupa silabus, RPP, lembar tes, lembar obervasi guru dan lembar observasi siswa. Analisis data deskritif untuk data kualitatif dan analisis statistika untuk data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe pair check hasil belajar kognitif siswa memperoleh nilai rata-rata sebesar 56,67 dengan persentase 23.33% termasuk dalam kategori Kurang. Keterlaksanaan penerapan model pembelajarn kooperatif tipe pair check untuk aktivitas guru pada siklus I sebesar 79,54%, siklus II sebesar 97,61%, dan keterlaksanaan aktivitas siswa pada siklus I sebesar 63,56%, siklus II sebesar 92,58%. Setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe pair check peningkatan hasil belajar kognitif siswa setiap siklus yaitu persentase ketuntasan klasikal siklus I sebesar 70% dengan nilai 74, dan persentase ketuntasan klasikal siklus II sebesar 90% dengan nilai 86,04 termasuk kedalam kategori Sangat Baik, dengan demikian, penelitian ini telah selesai sesuai dengan tujuan yakni meningkatkan hasil belajar kognitif siswa dalam mata pelajaran fiqih di kelas IV MI Cahaya Kota Cimahi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Penelitian Tindakan Kelas; Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check; Madrasah Ibtidaiyah; Mata Pelajaran Fiqih
Subjects: Islam > Religious Ceremonial Laws and Decisions
Elementary Education > Elementary Education in Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Astri Nur Zanah
Date Deposited: 11 Jan 2019 08:22
Last Modified: 11 Jan 2019 08:22
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/17983

Actions (login required)

View Item View Item