Kualitas Pelayanan Perpustakaan Berbasis Radio Frequency Identification (Rfid) ( Penelitian Di Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Daerah (Dispusipda) Provinsi Jawa Barat)

Engkus, Engkus (2018) Kualitas Pelayanan Perpustakaan Berbasis Radio Frequency Identification (Rfid) ( Penelitian Di Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Daerah (Dispusipda) Provinsi Jawa Barat). ilib.uinsgd.ac.id, - (1). pp. 1-21. ISSN -

[img]
Preview
Text
002 PROSIDNG SEMNAS ADMINISTRASI ePUppBLIK 2018-converted.pdf

Download (644kB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsgd.ac.id

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini adalah bahwa sebagai perpusakaan rujukan bertaraf Internasional sekaligus instansi pemerintahan non profit, Dispusipda Jawa Barat dituntut untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat atau pemustaka, dengan pelayanan yang berkualitas ditunjang oleh teknologi yang canggih. Tentunya teknologi yang dipilih yaitu Radio Frequency Identification (RFId), teknologi yang ramah dan tepat guna,mudah diterima dan mudah dioperasionalkan oleh masyarakat, dari berbagai lapisan umur dan pendidikan. Rincian permasalahanya: (1) lokasi perpustakaan yang tidak strategis, (2) SDM yang belum kompeten dengan sistem, (3) sistem RFId sering mengalami gangguan, (4) ruang pembuatan kartu anggota tidak proporsional, (5) faislitas peprustakaan terbatas untuk pemustaka disabilitas, dan (6) pengalokasian biaya keterlambatan buku yang tidak transfaransi.Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan perpustakaan berbasis RFId di Dispusipda Jawa barat. Metode yang digunakan yaitu kualitatif deskriftif dengan teknik wawancara,observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian bahwa kualitas pelayanan perpustakaan berbasis RFId berdasarkan lima dimensi (tangibles, reliability, responsiveness, ansurance, empathy).Menjawab tantangan tersebut, terhitung sejak tahun 2013, semua aktivitas pelayanan perpustakaan di Dispusipda Jawa Barat telah dilengkapi manajemen perpustakaan berbasis teknologi, yang dipadukan dengan perangkat keras pendukung pengelolaan perpustakaan, yaitu menggunakan teknologi Radio Frequency Identification (RFId). Simpulan dari keenam permasalahan yang diteliti hanya dua permasalahan yang tidak diakui kebenarannya yaitu menyangkut lokasi yang tidak strategis, dan sistem yang sering mengalami gangguan, yang tiga hal telah dilakukan upaya sebagai alternatif untuk penanganan masalah tersebut.Sedangkan untuk keempat permasalahan lainnya masih dirasakan keberadaannya sampai saat ini oleh petugas atau pustakawan Dispusipda Jawa Barat.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Public Service; Service Qualit; RFId System.
Subjects: Administration of Economy
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 15 Jan 2019 11:41
Last Modified: 15 Jan 2019 11:41
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/18036

Actions (login required)

View Item View Item