Penggunaan metode Dempster Shafer dan Algoritma Prefixspan pada sistem pakar diagnosa penyakit akibat infeksi virus pada anak

Laksana, Yunanto Agung (2018) Penggunaan metode Dempster Shafer dan Algoritma Prefixspan pada sistem pakar diagnosa penyakit akibat infeksi virus pada anak. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar isi.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (148kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (530kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB) | Request a copy

Abstract

Penyakit infeksi virus merupakan kumpulan jenis-jenis penyakit yang disebabkan oleh virus yang mudah menyerang anak-anak. Penyakit infeksi virus pada anak dan gejala-gejala yang ditimbulkan sangat banyak, informasi yang terbatas mengenai penyakit infeksi virus, yang menyerang anak menjadi masalah dan membuat para orang tua kesulitan untuk memprediksi penyakit yang diderita oleh anak mereka, apalagi orang tua yang baru memiliki anak. Dengan metode konvensional akan memakan waktu yang lama dan masalahnya sekarang bukan hanya mengetahui penyebab penyakit tetapi yang penting adalah mengetahui dengan cepat penyakit yang diderita serta penanggulangannya, agar penyakit dapat segera diobati. Dengan memanfaatkan kemajuan dibidang teknologi komputer yang sekarang semakin pesat, membangun suatu aplikasi sistem diagnosa penyakit infeksi virus pada anak dapat membantu masyarakat dalam mendiagosa penyakit infeksi virus pada anak. Sistem pakar diagnosa penyakit ini juga menggunakan metode Dempster Shafer dan algoritma Prefixspan. Hasil yang didapat dalam menerapkan algoritma pada aplikasi, Dempster Shafer mendapatkan hasil sebesar 100% dan Prefixspan mendapatkan hasil 78%, dalam tingkat akurasi persentase penyakit, Dempster shafer mendapatkan hasil rata-rata sebesar 91.06% dan Prefixspan rata-rata berhasil memberikan rekomendasi solusi penyakit. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Dempster Shafer dan Prefixspan berhasil diterapkan pada aplikasi sistem pakar diagnosa penyakit infeksi virus pada anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Teknologi
Subjects: Data Processing, Computer Science
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Teknik Informatika
Depositing User: Yunanto Anto Laksana
Date Deposited: 17 Jan 2019 06:30
Last Modified: 17 Jan 2019 06:30
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/18067

Actions (login required)

View Item View Item