Muthi, Fitriyani (2014) Penerapan model Context Based Learning (CBL) untuk mengembangkan keterampilan proses pada materi garam terhidrolisis: Penelitian terhadap siswa kelas XI semester genap SMA Al-Islam Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (74kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (157kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (324kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (210kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (917kB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (27kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (116kB) |
Abstract
Materi garam tehidrolisis merupakan salah satu bagian dalam ilmu kimia yang peranannya banyak dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Belajar akan lebih bermakna jika siswa mengalami apa yang dipelajarinya atau lingkungan diciptakan alamiah. Berdasarkan latar belakang tersebut maka metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kelas. Penggunaan model CBL yang terdiri dari empat tahap pembelajaran merupakan salah satu upaya untuk membentuk siswa dalam memahami hubungan antara ilmu pengetahuan dengan kehidupan sehari-hari. Secara umum tujuan dari penelitian ini mendeskripsikan aktivitas siswa dan guru dengan menerapkan model CBL, memperoleh gambaran mengenai kemampuan siswa menyelesaikan Lembar Kerja Siswa (LKS) model CBL dan memperoleh gambaran mengenai keterampilan proses siswa. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Al-Islam Kota Bandung sebanyak 23 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripsi pembelajaran, LKS tahap questions, answers, selecting informations dan aplications berdasarkan indikator keterampilan proses, lembar observasi dan tes evaluasi. Data yang diperoleh diolah menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan aktivitas pembelajaran siswa menggunakan model CBL pada materi garam terhidrolisis berlangsung dengan baik, hasil kemampuan rata-rata siswa menyelesaikan LKS tahap questions, answers, selecting informations dan aplications menunjukan kategori sangat baik dengan perolehan nilai masing-masing 95, 96, 84 dan 91.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Garam terhidrolisis; Context Based Learning (CBL); keterampilan proses; |
Subjects: | Chemistry and Allied Science > Data Processing and Analysis of Chemistry Chemistry and Allied Science > Research and Statistical Methods of Chemistry Analytical Chemistry > Qualitative Analysis, Quantitavie Analysis of Chemistry |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Rasyida Rofiatun Nisa |
Date Deposited: | 16 Jan 2019 08:18 |
Last Modified: | 16 Jan 2019 08:18 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/18072 |
Actions (login required)
View Item |