Penerapan model pembelajaran Search, Solve, Create and Share (SSCS) berbasis kreatif-produktif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kalor

Rudalie, Galan Hero (2014) Penerapan model pembelajaran Search, Solve, Create and Share (SSCS) berbasis kreatif-produktif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kalor. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (831kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (562kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB)

Abstract

Hasil observasi dan wawancara yang dilakukan di SMA Karya Budi Cileunyi kelas X, diperoleh fakta bahwa pembelajaran didominasi ceramah, siswa tidak aktif untuk mengkonstruksi pengetahuan sendiri. Hal ini berimplikasi pada rendahnya hasil belajar siswa tercermin dalam rangkuman nilai rata-rata hasil belajar siswa pada materi kalor di bawah KKM. Untuk mengatasi hal tersebut diterapkan model Pembelajaran Search, Solve, Create and Share (SSCS) berbasis Kreatif-Produktif. Model pembelajaran SSCS memungkinkan siswa aktif untuk mendefinisikan masalah sendiri, mencari solusi, serta membuat produk dari solusi tersebut, untuk kemudian dikomunikasikan. Dengan demikian siswa aktif dalam membangun pengetahuannya dengan mengembangkan keterampilan dan sikap ilmiah. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Search, Solve, Create and Share (SSCS) berbasis Kreatif-Produktif pada materi Kalor dan peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Search, Solve, Create And Share (SSCS) berbasis Kreatif-Produktif pada materi Kalor. Metode penelitiannya adalah pre-experimental dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Penelitian dilaksanakan di kelas X SMA Karya Budi Cileunyi. Populasi seluruh kelas X yang berjumlah tiga kelas dengan teknik pengambilan sampel yaitu random sampling dimana sampel yang diambil adalah kelas X-1 sebanyak 26 siswa. Data mengenai keterlaksanaan guru dan siswa diperoleh melalui lembar observasi, data peningkatan hasil belajar kognitif siswa melalui tes soal pilihan ganda, data hasil belajar afektif diperoleh melalui angket dan data psikomotor siswa diperoleh melalui rubrik. Hasil penelitian selama tiga kali pertemuan menunjukan aktivitas guru dan siswa selama mengikuti pembelajaran fisika menggunakan model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) berbasis Kreatif-Produktif mengalami peningkatan pada setiap pertemuannya dengan rata-rata aktivitas guru sebesar 91,28% dengan kategori sangat baik dan aktivitas siswa sebesar 79,12% dengan kategori baik. Begitu juga terdapat peningkatan hasil belajar kognitif sebesar 0,63 yang termasuk kategori sedang, adapun peningkatan hasil belajar afektif dan psikomotor siswa mengalami peningkatan pada setiap pertemuan setelah diterapkannya model pembelajaran Search, Solve, Create and Share (SSCS) berbasis Kreatif-Produktif. Dengan demikian model pembelajaran Search, Solve, Create and Share (SSCS) berbasis Kreatif-Produktif dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran SSCS; kreatif-produktif; hasil belajar; materi kalor;
Subjects: Physics > Data Processing and Analysis of Physics
Physics > Research and Statistical Methods of Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Rasyida Rofiatun Nisa
Date Deposited: 16 Jan 2019 08:38
Last Modified: 16 Jan 2019 08:38
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/18074

Actions (login required)

View Item View Item