Model pembelajaran flipped classroom berbasis e-learning moodle untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi cahaya

Ferariana, Geby (2014) Model pembelajaran flipped classroom berbasis e-learning moodle untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi cahaya. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (965kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (750kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB)

Abstract

Hasil observasi dan wawancara yang dilakukan di SMP Laboratorium Percontohan UPI Cibiru kelas VIII, menunjukkan bahwa pembelajaran fisika yang dilaksanakan belum mengarahkan pada keterampilan berpikir kritis, sehingga mengakibatkan keterampilan berpikir kritis siswa tergolong rendah. Hasil observasi juga menunjukkan bahwa hampir seluruh siswa sudah memiliki smartphone, tablet, atau komputer (gadget). Berdasarkan data tersebut maka diperlukan sebuah solusi untuk bisa meningkatkan keterampilan berpikir kritis sekaligus memanfaatkan sarana yang ada pada siswa. Model pembelajaran flipped classroom berbasis e-learning moodle merupakan salah satu alternatif pembelajaran yang mampu meningkatkan keterampilan kritis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran flipped classroom berbasis e-learning pada materi cahaya dan peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa menggunakan model pembelajaran flipped classroom berbasis moodle. Metode penelitiannya adalah pre-experiment e-learning dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Penelitian dilaksanakan di kelas VIII SMP Laboratorium Percontohan UPI Cibiru. Populasi seluruh kelas VIII yang berjumlah empat kelas dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling dimana sampel yang diambil adalah kelas VIII-C sebanyak 25 orang. Data mengenai keterlaksanaan guru dan siswa diperoleh melalui lembar observasi, sedangkan data peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa melalui tes soal uraian. Hasil penelitian selama tiga kali pertemuan menunjukkan aktivitas guru dan siswa selama mengikuti pembelajaran fisika menggunakan model pembelajaran flipped classroom berbasis e-learning moodle mengalami peningkatan pada tiap pertemuannya dengan rata-rata aktivitas guru sebesar 98,9% dengan kategori sangat baik dan aktivitas siswa sebesar 88,8% dengan kategori sangat baik. Terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa setelah diterapkan model pembelajaran flipped classroom berbasis e-learning moodle dengan peningkatan sebesar 0,69 dengan kategori sedang. Dengan demikian, disarankan untuk menggunakan model ini sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Flipped classroom; e-learning moodle; keterampilan berpikir kritis; materi cahaya;
Subjects: Physics > Data Processing and Analysis of Physics
Physics > Research and Statistical Methods of Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Rasyida Rofiatun Nisa
Date Deposited: 17 Jan 2019 02:57
Last Modified: 17 Jan 2019 02:57
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/18079

Actions (login required)

View Item View Item