Aplikasi pendidikan karakter pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam: Penelitian di SMPN 3 Cisarua Kabupaten Bandung Barat

Mulyana, Yana (2013) Aplikasi pendidikan karakter pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam: Penelitian di SMPN 3 Cisarua Kabupaten Bandung Barat. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (595kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (974kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (661kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (739kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)

Abstract

Penelitian ini berangkat dari sebuah fenomena yang menunjukan betapa telah terjadi pergeseran nilai dikalangan para pelajar, banyaknya permasalahan yang mendera para pelajar membuat kita berfikir, bagaimana kedepannya negara kita apabila generasi penerus bangsa telah teracuni dengan pola pikir yang sangat jauh dari nilai-nilai budaya luhur negara kita, tawuran antar pelajar, narkoba, sex bebas dan permasalahan lainnya mencerminkan gagalnya pendidikan kita, harus kita akui pendidikan masa lalu yang lebih mementingkan nilai-nilai kognitif dengan mengabaikan nilai afektif dan psikomotorik anak melahirkan generasi yang pintar secara akal (IQ), tapi miskin secara ruhani (SQ). Pendidikan karakter merupakan Sebuah proses transformasi nilai-nilai kehidupan untuk ditumbuhkembangkan dalam kepribadian seseorang sehingga menjadi satu dalam prilaku kehidupan orang itu, sedangkan pendidikan agama islam merupakan mata pelajaran yang tidak hanya mengantarkan peserta didik dapat menguasai berbagai kajian keislaman, tetapi PAI lebih menekankan bagaimana peserta didik mampu menguasai kajian keislaman tersebut sekaligus dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari di tengah-tengah masyarakat. Dengan demikian, PAI tidak hanya menekankan pada aspek kognitif (paham) saja, tetapi yang lebih penting adalah pada aspek afektif (sikap) dan psikomotornya (perilaku) Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat sejauhmana aplikasi pendidikan karakter pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, dengan adanya penelitian ini diharapkan bisa menjadi model pendidikan karakter pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang bermanfaat untuk sekolah-sekolah yang akan mengembangkan pendidikan Agama berbasis karakter, tentunya kita ketahui bahwa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam merupakan mata pelajaran yang tujuan utamanya adalah pada pembentukaan karakter atau akhlak. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitis dengan pendekatan kualitatif, didalam penelitian ini ada empat pertanyaan, yang meliputi tujuan, program, proses serta evaluasi aplikasi pendidikan karakter pada mata pelajaran pendidikan agama islam. Selanjutnya dalam pengumpulan data pada penelitian ini, peneliti menggunakan tiga teknik, yaitu Observasi, Wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menemukan beberapa hal, yaitu pertama Nilai karakter yang paling dominan yang diterapkan di SMPN 3 Cisarua dan menjadi ciri khas adalah penanaman nilai kedisiplinanan. Hal ini dikarenakan SMPN 3 Cisarua merupakan SMP yang baru berdiri, sehingga kedisiplinan menjadi core budaya sekolah. Kedua, nilai pendidikan karakter yang dikembangkan di SMPN 3 Cisarua adalah 8 nilai karakter yang meliputi Kereligiusan, Kedisiplinan, kesantunan, cinta ilmu, keingintahuan, percaya diri, kecerdasan dan tanggung jawab, yang tersebar melalui 13 kegiatan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter; PAI
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Zulfa Sofyani Putri
Date Deposited: 17 Jan 2019 03:56
Last Modified: 11 Jan 2022 07:43
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/18085

Actions (login required)

View Item View Item