Penerapan challenge based learning dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan pemahaman dan disposisi matematika siswa: Penelitian eksperimen pada siswa kelas X SMA Negeri 27 Bandung

Rezeki, Lina Sri (2015) Penerapan challenge based learning dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan pemahaman dan disposisi matematika siswa: Penelitian eksperimen pada siswa kelas X SMA Negeri 27 Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2._ABSTRAK.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (933kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (879kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III (Autosaved).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)

Abstract

Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah tentang ada atau tidaknya peningkatan kemampuan pemahaman dan disposisi matematika siswa yang diberikan pendekatan CBL ditinjau dari tingkat pengetahuan awal matematika (PAM). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilakukan di kelas X SMA Negeri 27 Bandung. Untuk pengambilan data, peneliti mengambil populasi seluruh siswa kelas X. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, sehingga didapat sampel kelas X-IPA 2 dengan menggunakan pendekatan CBL dan X-IPA 4 dengan pembelajaran konvensional. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (a) proses pembelajaran matematika siswa yang memperoleh pendekatan CBL, (b) peningkatan kemampuan pemahaman matematika siswa yang memperoleh pendekatan CBL lebih baik daripada pembelajaran konvensional, (c) perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman matematika siswa yang memperoleh pendekatan CBL dengan pembelajaran konvensional berdasarkan tingkat pengetahuan awal matematika (PAM) siswa, serta (d) disposisi matematika siswa yang memperoleh pendekatan CBL lebih baik daripada pembelajaran konvensional. Data yang diperoleh menggunakan instrumen penelitian berupa instrumen tes yaitu tes PAM, pretest dan posttest, dan instrumen nontes yaitu lembar observasi siswa, lembar observasi guru dan disposisi matematika. Berdasarkan hasil pengolahan data, maka diperoleh: (a) aktivitas siswa dan aktivitas guru terdapat peningkatan menjadi semakin baik (b) berdasarkan uji hipotesis, peningkatan kemampuan pemahaman matematika yang memperoleh pendekatan CBL lebih baik daripada pembelajaran konvensional (c) faktor pendekatan pembelajaran dan tingkat PAM siswa memberikan pengaruh terhadap peningkatan kemampuan pemahaman matematika siswa, tetapi tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan PAM siswa (d) disposisi matematika siswa yang memperoleh pendekatan CBL lebih baik daripada pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman matematika; CBL; PAM;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 21 Jan 2019 02:58
Last Modified: 21 Jan 2019 02:58
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/18100

Actions (login required)

View Item View Item