Resyatania, Ghina (2014) Analisis kemampuan berpikir konseptual dan prosedural siswa pada materi kesetimbangan kelarutan menggunakan tes tertulis uraian terstruktur: Penelitian deskriptif di kelas XI SMAN Tanjungsari Kec.Tanjungsari Kab.Sumedang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (218kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (219kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (352kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (388kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (311kB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (103kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (104kB) |
Abstract
Kemajuan dan perkembangan siswa dalam pembelajaran dapat diukur dengan menggunakan intrumen pembelajaran berupa soal tes uraian terstruktur yang mengacu pada kemampuan berpikir konseptual dan prosedural sesuai dengan karakteristik konsep kesetimbangan kelarutan yang kompleks. Pengunaan soal berbentuk tes uraian terstruktur menuntut siswa untuk memecahkan masalah baru yang dihubungkan dengan pengetahuan yang telah dimilikinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir konseptual dan prosedural siswa kelas XI di SMAN Tanjungsari pada materi kesetimbangan kelarutan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskripsi, teknik pengumpulan data menggunakan tes uraian terstruktur dan angket, tes yang digunakan sebanyak 9 soal dan angket sebanyak 20 pertanyaan,subjek penelitian sebanyak 30 siswa. Hasil penelitian : Kemampuan berpikir konseptual siswa pada kelompok prestasi tinggi, sedang, dan rendah masing-masing memperoleh nilai rata-rata 80,5, 66,25 dan 45,5 dengan kategori masing-masing sangat baik, baik dan cukup baik, kemampuan berpikir prosedural siswa pada kelompok prestasi tinggi, sedang dan rendah masing-masing memperoleh nilai rata-rata 66, 66,4 dan 57,8 dengan kategori masing-masing baik, baik dan cukup baik, dan faktor yang mempengaruhi kemampuan berpikir konseptual dan prosedural siswa pada materi kesetimbangan kelarutan : Kesukaan siswa terhadap pelajaran kimia dan konsep kesetimbangan kimia, kesulitan siswa dalam mempelajari konsep kesetimbangan kelarutan, kesulitan siswa dalam memahami soal berbentuk tes tertulis uraian terstruktur, cara belajar siswa dalam mempelajari konsep kesetimbangan kelarutan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | tes uraian terstruktur; kemampuan berpikir konseptual; kemampuan berpikir prosedural; kesetimbangan kelarutan; |
Subjects: | Chemistry and Allied Science > Data Processing and Analysis of Chemistry Chemistry and Allied Science > Research and Statistical Methods of Chemistry Analytical Chemistry > Qualitative Analysis, Quantitavie Analysis of Chemistry |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Rasyida Rofiatun Nisa |
Date Deposited: | 18 Jan 2019 06:45 |
Last Modified: | 18 Jan 2019 06:45 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/18126 |
Actions (login required)
View Item |