Korelasi keaktifan siswa mengikuti organisasi Kerohanian Islam (ROHIS) dengan prestasi belajar mereka pada pelajaran PAI: Penelitian di Sekolah Menengah Atas 1 Salem Brebes

Fauziah, Evi Nurul (2018) Korelasi keaktifan siswa mengikuti organisasi Kerohanian Islam (ROHIS) dengan prestasi belajar mereka pada pelajaran PAI: Penelitian di Sekolah Menengah Atas 1 Salem Brebes. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text (1_COVER)
COVER.docx

Download (186kB)
[img]
Preview
Text (2_ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (500kB) | Preview
[img]
Preview
Text (3_DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (530kB) | Preview
[img] Text (4_BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (556kB) | Request a copy
[img] Text (5_BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (494kB) | Request a copy
[img] Text (6_BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (630kB) | Request a copy
[img] Text (7_BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB) | Request a copy
[img] Text (8_BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB) | Request a copy
[img] Text (9_DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB) | Request a copy

Abstract

Kegiatan organisasi Kerohanian Islam (ROHIS) adalah kegiatan ekstrakurikuler di SMA Negeri 1 Salem Brebes, kegiatan tersebut diikuti oleh siswa dimana kegiatan ROHIS tersebut memberikan pembinaan yang khusus tentang keagamaan.Skripsi ini membahas korelasi keaktifan siswa mengikuti organisasi kerohanian Islam ROHIS dengan prestasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI . Tujuan penelitian ini: 1) Bagaimana keaktifan siswa dalam mengikuti kegiatan ROHIS di SMA Negeri 1 Salem Brebes. 2) Bagaimana prestasi belajar siswa SMA Negeri 1 Salem Brebes. 3) Bagaimana hubungan antara keaktifan siswa dalam mengikuti kegiatan ROHIS dengan prestasi belajar PAI siswa di sekolah SMA Negeri 1 Salem Brebes. Pembelajaran PAI di SMA Negeri 1 Salem Brebes masih kurang karena 3 jam pelajaran dalam satu minggu. Guru Pendidikan Agama Islam bersama pihak sekolah mencari alternatif untuk mengatasi minimnya jam pelajaran PAI dengan memanfaatkan kegiatan kerohanian Islam ROHIS, dimana dalam kegiatan Rohis banyak memberi wawasan yang luas sehinggi siswa saat pembelajaran PAI sudah tidak minim lagi pengetahuannya. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif korelatif. Dalam penelitian ini diambil sampel dari siswa yang ikut ROHIS yaitu siswa kelas XI,XII IPA dan IPS sebanyak 45 siswa. Pengumpulan datanya menggunakan angket dan tes untuk mengetahui hubungan keaktifan siswa menguikuti organisasi kerohanian Islam (ROHIS) dengan Prestasi belajar mereka pada pelajaran PAI, sedangkan untuk pengumpulan data pendukungnya menggunakan observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Semua data dianaliss dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) realitas keaktifan siswa mengikuti organisasi kerohanian Islam (ROHIS) berkategori tinggi hal ini berdasarkan nilai rata-rata keaktifan siswa mengikuti organisasi ROHIS 3,71 yang berada pada interval 3,40 – 4,19, 2) realitas prestasi belajar mereka pada pelajaran PAI berkategori baik, hal ini didasarkan nilai rata-rata 77,03 yang berada pada interval 70 – 79, 3) realitas hubungan keaktifan siswa mengikuti organisasi ROHIS dengan prestasi belajar mereka pada pelajaran PAI termasuk sangat rendah, dengan koefisien korelasi 0,3 yang berada pada skala korelasi 0,200 – 0,399.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan; Rohis
Subjects: Higher Education, Universities > Organization and Activities in Higher Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.Pd Evi Nurul Fauziah
Date Deposited: 24 Jan 2019 02:09
Last Modified: 24 Jan 2019 02:09
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/18141

Actions (login required)

View Item View Item