Nurpatimah, Nopi (2013) Pembuatan multimedia interaktif pada konsep hukum-hukum dasar kimia. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (21kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (24kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (54kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (307kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (755kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (105kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (140kB) |
Abstract
Konsep hukum dasar kimia merupakan salah satu konsep kimia yang memiliki jenis konsep berdasarkan prinsip dan cenderung bersifat abstrak. Jenis konsep seperti ini biasanya disampaikan hanya dengan pembelajaran konvensional dengan alasan mudah diterapkan, praktis, juga tidak banyak menyita waktu dan pikiran. Kelemahan dari pembelajaran dengan metode konvensional ini adalah ketidakmampuan dalam menampilkan konsep kimia dalam tingkat partikulat. Oleh karena itu perlu adanya visualisasi konsep kimia pada tingkat partikulat dengan penggunaan suatu media pembelajaran. Multimedia interaktif adalah salah satu media yang dapat memvisualisasikan konsep-konsep yang bersifat abstrak. Multimedia interaktif dapat mengintegrasikan animasi dan simulasi dengan text, gambar, video dan suara dengan memanfaatkan sistem komputer sehingga menjadi sebuah kesatuan yang utuh. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tahapan-tahapan pembuatan multimedia interaktif pada konsep hukum-hukum dasar kimia dan menguji kelayakan penggunaan multimedia interaktif pada konsep hukum-hukum dasar kimia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Reseach and Development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahapan-tahapan pembuatan multimedia interaktif yaitu tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi telah terlaksana dengan baik. Hasil uji kelayakan multimedia interaktif menunjukan presentase sebesar 90% untuk aspek penyajian isi materi dan 87,81% untuk penyajian tampilan multimedia. Hal tersebut menunjukan bahwa multimedia interaktif layak digunakan sebagai media pembelajaran. Pada penelitian kali ini hanya dilakukan hingga tahap pembuatan, diharapkan untuk penelitian selanjutnya dapat dilakukan penerapan multimedia interaktif pada konsep hukum-hukum dasar kimia.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Multimedia Interaktif; Hukum-Hukum Dasar Kimia; |
Subjects: | Chemistry and Allied Science > Data Processing and Analysis of Chemistry Analytical Chemistry > Qualitative Analysis, Quantitavie Analysis of Chemistry |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Rasyida Rofiatun Nisa |
Date Deposited: | 21 Jan 2019 04:48 |
Last Modified: | 21 Jan 2019 04:48 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/18163 |
Actions (login required)
View Item |